PEKANBARU, GORIAU.COM - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menyatakan kesiapannya membangun Techno Park seluas 63 hektar guna mengantisipasi persaingan SDM Riau menghadapi pasar bebas Asean.

Kesiapan ini sudah dilaporkan Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Dr.H. Mubarak, M.Si kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Republik Indonesia Andrinof A. Channiago di ruang kerjanya di Kementerian PPN/Bappenas Jakarta (10/2/2015).

Pada kesempatan itu, Rektor Umri juga mempresentasikan rencana pengembangan Umri kedepan terutama merespon program Kementerian PPN/Bappenas RI mengenai pembangunan Umri Techno Park di Provinsi Riau.

Saat ini, Umri sudah mempersiapkan lahan untuk lokasi Techno Park tersebut seluas 63 Ha. Techno Park ini nantinyaakan berfungsi untuk meningkatkan keahlian masyarakat Riau dalam berbagai bidang teknologi, sehingga SDM Riau akan mampu untuk bersaing dengan masyarakat lainnya guna mengisi tenaga-tenaga yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan yang ada di Riau.

Turut hadir bersama Rektor, di antaranya Ir.H. Yusman Yusuf, MT/Ketua BPH. Umri, Bakaruddin, SE.,MM/Wakil Rektor II, Baidarus, MM.,M.Ag/ WakilRektor III, dan Arsal.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri PPN/Kepala Bappenas RI menyambut baik kesiapan Umri tersebut, dan berjanji akan memprioritaskan Universitas Muhammadiyah Riau sebagai lembaga yang akan dibangunkan Techno Park di Provinsi Riau, sebab beberapa persyaratan telah dipenuhi oleh Umrii seperti; ketersediaan lahan, lembaga pendidikan, adanya program studi yang berbasis teknologi. (wa)