BENGKALIS-Pencarian 5 korban yang hilang saat speedboat tenggelam di perairan Pantai Ketapang Rupat masih terus dilakukan. Tiga dari 5 orang yang sempat dinyatakan hilang berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Hal ini diungkapkan Kepala Basarnas Pekanbaru Ishak melalui Humasnya Kukuh Widodo, Sabtu (15/1/2021). Menurut dia, dua korban yang ditemukan diantaranya berjenis kelamin laki laki dan perempuan. Namun saat ditemukan tanpa identitas.

Upaya pencarian sekitar lokasi tenggelamnya speedboat tersebut masih dilakukan sampai saat ini. Pencarian dilakukan petugas gabungan Basarnas Pekanbaru bersama Polairud Dumai dan Kelompok nelayan masih melakukan penyisiran.

Menurut Kukuh dari 21 orang korban kapal tenggelam ini 14 orang dinyatakan selamat sementara empat orang meninggal dunia dan tiga orang masih dalam upaya pencarian.

"Saat ini petugas kita masih melakukan penyisiran 10 orang kru Basarnas masih di lapangan dengan menggunakan kapal Basarnas RB 218 pos Dumai," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum dari pihak Kepolisian menyebutkan, speadboat yang diduga membawa pekerja migran illegal (PMI) ke Malaysia. Setiba di tengah-tengah perairan selat morong, cuaca buruk. Melihat cuaca buruk, tekong speadbot ingin balik kembali, namun dengan tiba-tiba datang ombat dan menerpa speadboat hingga terbalik.

Tiga penumpang ditemukan sudah tidak bernyawa. Tiga penumpang tersebut bernama, Ari (24) warga Jawa Barat, Rofikoh (44) warga Surabaya dan Teteh (44). Korban ditemukan di pantai Ketapang Desa Sungai Cingam. Sementara 5 penumpang masih belum ditemukan dan 13 orang sudah ditemukan.

Kapolres Bengkalis, AKBP Indra Wijatmiko melalui paur humas, AKP Edwi Sunarto kepada wartawan, Sabtu (15/1) membenarkan adanya kejadian tersebut. Saat ini tim gabungan, TNI, Polri serta pemerintah Desa Sungai Cingam terus melakukan pencaharian pesisir pantai.

Selanjutnya, penumpang yang selamat terus menjalani proses penyelidikan oleh pihak berwajib untuk mencari tahu kejadian tersebut. Mudah-mudahan penumpang yang belum ditemukan bisa segera ditemukan oleh petugas.***