PEKANBARU - Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau Marhum Pekan diusulkan sebagai pahlawan nasional. Tokoh ini dikenal sebagai pendiri Kota Pekanbaru.

Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru berencana menggelar seminar daerah pada 9 Februari 2022 mendatang, terkait pengusulan ini.

"Kita berharap dukungan dari semua pihak, agar nantinya Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah bisa menjadi pahlawan nasional," ujar Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi, Jumat (21/1/2022).

Seminar ini merupakan salah satu tahapan dalam pengajuan penghargaan kepada tokoh tersebut sebagai pahlawan nasional. Seminar ini dapat diikuti oleh masyarakat umum dan kalangan pendidikan.

Penyelenggara memadukan seminar langsung dan juga secara online. Sehingga, dapat diakses sebanyak mungkin oleh siapa saja yang ingin mengikuti seminar tersebut.

Ayat mengatakan, setelah seminar daerah bakal ada seminar nasional. Seminar nasional ini direncanakan pada Maret 2022 mendatang.

"Nanti setelah seminar daerah tuntas, maka berlanjut seminar nasional. Ada rencana pada Maret 2022 mendatang," jelasnya.

Ayat menjelaskan, tim sedang berupaya melengkapi semua tahapan dalam mengusulkan Marhum Pekan sebagai pahlawan nasional. Tim juga sudah melakukan penelusuran terhadap jejak sejarah Sultan kelima dari Kerajaan Siak ini. ***