SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH, melakukan touring bersama Sekda Bambang Supriyanto dan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta kepala bidang di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti, Sabtu (8/1/2022). Tidak tanggung-tanggung, jumlah rombongan dengan sepeda motor tersebut mencapai lebih kurang 140 orang.

Orang nomor satu Meranti itu sengaja memboyong seluruh pejabatnya untuk melihat langsung kondisi real dan mengenal wilayahnya.

"Dengan terjun langsung bisa mengetahui apa yang jadi masalah di tengah masyarakat kita. Baik itu sektor pembangunan, pendidikan, kesehatan dan sosial kemasyarakatannya," kata Adil.

Kegiatan dimulai dengan titik kumpul di kediaman bupati di Jalan Dorak lalu bertolak ke penyeberangan Desa Banglas menuju ke Desa Lukun. Kemudian rombongan menuju ke Desa Sungaitohor Kecamatan Tebingtinggi Timur untuk meresmikan ruangan baru Puskesmas.

GoRiau Bupati Adil (tengah/baju putih
Bupati Adil (tengah/baju putih) saat melakukan peresmian jalan lintas Tanjung Sari - Teluk Buntal, Sabtu (8/1/2022).

"Semoga dengan bertambahnya ruangan baru ini semakin meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di Tebingtinggi Timur ini," harap Adil.

Sebelum peresmian gedung baru Puskesmas tersebut, Bupati Adil juga menyerahkan santunan kepada sejumlah anak yatim.

"Layani masyarakat dengan pelayanan terbaik, dari hati yang ikhlas," harap bupati.

Kemudian, rombongan melanjutkan perjalanan untuk meresmikan Jalan Tanjungsari ke Tanjunggadai. Jalan poros yang menghubungkan dua desa di Kecamatan Tebingtinggi Timur itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai akses penghubung.

"Terimakasih Pemkab Meranti, dengan telah dibangunnya jalan lintas desa ini tak menjadi kendala lagi bagi kami bepergian walau musim hujan," kata Madi, salah seorang masyarakat setempat.

Setelah kegiatan itu, bupati melanjutkan perjalanan dengan menyeberang ke Pulau Rangsang untuk meresmikan Jalan Ahmad Yani Desa Tanjungsamak Kecamatan Rangsang yang baru selesai diaspal hotmix.

"Pembangunan ini merupakan bagian dari fokus pemerintah untuk memaksimalkan infrastruktur bagi kemudahan masyarakat," ujar Adil.

Lalu, Adil dan rombongan kembali meneruskan perjalanan menuju Desa Penyagun Kecamatan Rangsang untuk meresmikan jembatan.

"Belum banyak yang bisa kita lakukan kepada masyarakat, tapi akan terus kami berikan. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat untuk terus mendukung program-program pemerintah, sehingga proses pembangunan dapat berjalan dengan baik," ajaknya.

Sesudah itu, rombongan bergerak menuju Desa Gemala Sari Kecamatan Rangsang untuk melihat dan meresmikan PDAM untuk masyarakat desa tersebut dan sekitarnya.

"Semoga dengan tersedianya sarana ini mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat," ucap Adil.

Perjalanan dengan menggunakan sepeda motor itu ditutup dengan pembukaan Turnamen Bola Voli di Desa Kedabu Rapat Kecamatan Rangsang Barat. Melalui kegiatan olahraga itu, bupati berharap mampu melahirkan bibit-bibit atlet yang mampu mengharumkan nama daerah.

"Yang terpenting bisa memberikan dampak positif, terutama generasi muda dari pengaruh buruk dan narkoba," harapnya.

Setelah membuka turnamen tersebut, akhirnya bupati beserta rombongan kembali menyeberang ke Kota Selatpanjang.

Dalam touring itu bupati beserta pejabat di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti itu melintasi empat kecamatan, yakni Tebingtinggi Timur, Rangsang, Rangsang Pesisir dan Kecamatan Rangsang Barat. Baru kemudian kembali ke ibukota Kepulauan Meranti di Kecamatan Tebingtinggi.***