BANDUNG - Kegalauan berat sempat menyelimuti gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz. Keputusan yang penting dan harus dipikirkan matang karena menyangkut jalan nasib selanjutnya sebagai atlet profesional.

Kala itu Aziz sempat mencicipi futsal profesional di tim Futsal Kota Bandung (FKB) dan FC Libido. Permainan yang atraktif membuatnya dipanggil Timnas Futsal Indonesia untuk jalani persiapan di ajang Piala AFF 2016.

Bersamaan dengan pemanggilannya ke Timnas, Aziz sedang merintis impiannya seleksi di Persiba Balikpapan jadi pemain sepakbola profesional yang tampil di kasta tertinggi Liga Indonesia.

Antara dua kesempatan yang datang saat itu, ia akhirnya memilih untuk gabung Persiba. Peluang besarnya bermain di kancah international futsal rela ia tinggalkan.

"Pernah diajak gabung Timnas Futsal tahun 2016 untuk ajang AFF tapi keburu dipanggil sama Persiba Balikpapan. Pilih (karir) sepak bola karena lebih menjanjikan dan cita-cita saya dari kecil jadi pesepak bola," kata Aziz.

Tahun 2017 Aziz bermain untuk Borneo FC tampil di Liga 1. Sempat ke PSMS Medan, ia akhirnya berjodoh dengan tim yang ia cita-citakan, Persib. Olah bola ala futsal jadi DNA Aziz yang diaplikasikan dalam setiap permainannya.

"Semua teknik di futsal bisa diaplikasikan di sepak bola sangat bermanfaat sekali, kita dituntut berpikir lebih cepat, dan lebih cepat ambil keputusan, melatih kreativitas, dan improvisasi sentuhan bola," bebernya. ***