PEKANBARU – Kabar duka datang dari tokoh politik Riau yang juga Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Golkar Riau, Zulfan Heri. Mantan Anggota DPRD Riau ini dikabarkan meninggal dunia, Sabtu subuh (14/5/2022).

Kabar meninggalnya Zulfan dibenarkan oleh Sekretaris Bapilu Golkar Riau, Ida Yulita Susanti. Dikatakan Ida, Mantan Calon Bupati Bengkalis tersebut meninggal karena sakit radang tenggorokan.

"Iya, sakit peradangan tenggorokan, meninggal jam 5.45 subuh," ujar Ida.

Jenazah Zulfan nantinya akan dikebumikan ke kampung halamannya di Lubuk Muda, Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Dan saat ini sedang proses pemulangan jenazah ke kampung.

"Ini sedang diurus ambulans untuk ke kampung," tambahnya.

Sosok Zulfan menurut Ida merupakan tokoh sentral di tubuh Partai Golkar, dan ada banyak karya yang dia tinggalkan untuk Partai. Bahkan, saat ini, Zulfan masih aktif menjalankan program Rumpi Politik (Rumpol) yang ditaja oleh Bapilu Golkar Riau.

"Selamat jalan bang Zulfan, politisi daerah terbaik dan kader Golkar terbaik. Jasa dan karyanya akan selalu kami kenang, dan nasehatnya akan selalu kami ingat," tutup Ida.

Sebagai informasi, Zulfan merupakan kader aktif di Partai Golkar sejak tahun 2001, beliau sempat menjabat sebagai Anggota DPRD Riau dua periode Dapil Bengkalis, Dumai dan Kepulauan Meranti.

Selain aktif berpolitik, Zulfan juga merupakan seorang akademisi dan pernah menjadi dosen di Universitas Riau, namun dia mengundurkan diri dari PNS karena memilih Partai Golkar.

Saat inipun Zulfan masih mengajar di sejumlah kampus swasta, dan banyak bergerak di berbagai penelitian yang berkaitan dengan politik. ***