SELATPANJANG - Dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Selatpanjang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Seperti dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Dr H Kamsol MM didampingi Kadis Kelautan dan Perikanan, Eldy Syahputra SPi MSi meninjau langsung lokasi Tambak Ikan milik Posal Selatpanjang, Jalan Dorak, Kamis (17/6/2021).

Peninjauan tersebut langsung disambut oleh Danposal Selatpanjang, Letda Laut (S) Jerry Hendra didampingi Babinpotmar, Serma Kom Zulfakri dan sejumlah anggota Angkatan Laut dari Posal Selatpanjang.

Danposal Selatpanjang, Letda Laut (S) Jerry Hendra mengatakan bahwa Kepulauan Meranti memiliki wilayahnya berpulau yang dikelilingi lautan dan menjadi peluang besar bagi Kabupaten Kepulauan Meranti untuk pengembangan budidaya laut atau marikultur.

"Potensi yang sangat besar tersebut apabila dimanfaatkan secara maksimal dapat mendorong peningkatan produksi ikan yang selama ini masih mengandalkan hasil tangkapan di alam. Maka dengan ini kami membantu pemerintah untuk mengembangkan budidaya ikan baik di air asin, maupun payau," ujarnya.

Dikatakan Jerry ini merupakan bentuk keseriusan Posal Selatpanjang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan.

"Kita ada dua lokasi, satunya di air asin tempatnya di Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat dan satunya lagi di desa Banglas, Kecamatan Tebingtinggi tepatnya ujung Pelabuhan Dorak. Intinya kami meminta dukungan dan dorongan dari pemerintah terhadap pondasi awal yang kami lakukan, mudah-mudahan semua keinginan dan tujuan secepatnya tercapai," terang Jerry.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Dr H Kamsol disampaikan Kadis DKP Meranti Eldy Syahputra, yang menyebutkan kalau program budidaya ini sudah dilakukan secara berkelanjutan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, bahkan sudah mulai memperlihatkan hasilnya. Melalui program ini, diyakini dapat menjadi solusi dari semakin menurunnya hasil tangkap ikan di laut.

"Kami dari pemerintah terus menggenjot peningkatan sektor perikanan. Selain memaksimalkan bidang tangkap, juga mendorong budidaya secara berkelanjutan. Nah ini semua sangat sejalan atas apa yang dilaksanakan oleh Lanal Dumai (Posal Selatpanjang) terkait program mereka," katanya.

Ditambahkan Eldy, sejauh ini pihaknya melihat Tambak Ikan milik Posal Selatpanjang sudah bagus dan sangat cocok untuk dikembangkan dan kami siap mendorong Posal Selatpanjang yang semata-mata untuk mengurangi pengangguran di Kepulauan Meranti.

"Kalau dilihat-lihat ini sudah cocok dan sumber air sangat bagus. Untuk tahap awal bagusnya bibit ikan yang tahan, dan ini merupakan inisiasi dari Posal Selatpanjang terhadap kepedulian mereka ke perikanan. Intinya, kami pemerintah berterima kasih dan mendukung penuh langkah-langkah serta program dari Lanal Dumai," ungkapnya.***