PANGKALAN KERINCI -Wakil Bupati Pelalawan, H Nasaruddin besama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) meninjau lokasi banjir di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui, Minggu (20/6/2021).

Banjir di Desa Lubuk Kembang Bunga akibat meluapnya Sungai Nilo yang terjadi sejak tiga hari lalu. Meski saat ini banjir telah surut.

Kepala Desa Lubuk Kembang Bunga, Rusi Chairus Selamet dalam kesempatan itu mengatakan, banjir luapan Sungai Nilo akibatkan 135 kepala keluarga (KK) di tiga RT terdampak.

"Banjir terjadi sejak 3 hari lalu akibat luapan air dari Sungai Nilo, karena curah hujan yang cukup tinggi di hulu sungai. Namun sekarang air sudah surut," ungkapnya.

Wabup Nasarudin disela peninjauannya menginstruksikan kepada Dinas PUPR segera mengidentifikasi yang menjadi penyebab terjadinya banjir agar dapat dicarikan solusi.

"Kalau salah satu penyeban karena penyempitan aliran sungai, maka secepatnya dilakukan normalisasi sungai sehingga daya tampung sungai lebih besar dan air tidak meluap kapermukiman masyarakat," terang dia.

Wabup Nasarudin juga mengimbau masyarakat agar tidak menebang hutan dan membuka lahan terutama di areal Taman Nasional Teso Nilo (TNTN) yang dapat mengakibatkan hutan gundul.

"Sehingga berkurangnya daerah resapan air, ini akan menjadi penyebab terjadinya bencana banjir," tandasnya.

Usai meninjau lokasi banjir, Wakil Bupati Pelalawan juga berkesempatan meninjau Puskesdes dan kantor Desa Lubuk Kembang Bunga. ***