RENGAT- Kendati tidak jam dinas, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, H Suhardi tinjau kondisi puluhan korban keracunan makanan di Puskesmas Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida.

Dalam kunjungannya itu, Kadiskes Inhu datang tidak sendirian, melainkan didampingi istrinya Hj Wisma Happy yang juga merupakan anggota DPRD Inhu dari Fraksi Partai Golkar.

"Begitu saya mendapat laporan dari KUPT Puskesmas bahwa ada puluhan warga Desa Buluh Rampai yang diduga mengalami keracunan akibat makanan, saya bersama istri langsung datang kesini untuk meninjau kondisi mereka," ujar H Suhardi menjawab GoRiau.com, Kamis (3/3/2016) malam itu.

Disebutkannya, seluruh korban sudah diberikan pertolongan medis. Dan sejauh ini, persediaan obat di Puskesmas masih cukup untuk beberapa hari kedepan. "Untuk penanganan awal, persediaan obat kita masih tersedia," tegasnya.

Untuk mengetahui pasti penyebab keracunan itu, pihaknya sudah mengambil sampel, yakni berupa sisa makanan, bekas muntah korban dan BAB korban.

"Sampelnya sudah kita ambil, besok sampel itu akan kita kirimkan ke Labkeda (laboratorium kesehatan Daeah) Riau di Pekanbaru. Dan begitu sampel kita kirimkan, nantinya pihak labor tersebut juga akan turun ke Inhu untuk mengambil beberapa hal untuk penelitian mereka," terang Suhardi.

Dengan demikian, pihaknya berharap agar kondisi korban bisa cepat pulih. "Kita harapkan kondisi korban bisa cepat pulih, sehingga tidak harus dirujuk," pungkasnya.

Untuk diketahui, Kadiskes Inhu itu baru meninggalkan Puskesmas sekira pukul 23.45 WIB. Dan itu setelah mengunjungi setiap ruangan korban keracunan tersebut.***