PANGKALAN KERINCI -Sejumlah program di sektor pertanian yang menjadi salah satu prioritas program Bupati dan Wakil Pelalawan, H Zukri - N Nasarudin, SH.MH mulai dijalankan.

Sejumlah aspek pertanian, mulai pembibitan hingga pasca panen, akan menjadi sasarannya. Salah satu sektor yang mendapat perhatian adalah sektor pembibitan.

Untuk itu, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Pelalawan, H Syafrizal, SE meninjau aktivitas di UPTD Balai Benih Holtikultura dan Plasma Nutfah Pangkalan Kerinci, Kamis (15/7/2021).

Dengan luas lokasi 4,5 hektare, UPTD Balai Benih Hortikultura dan Plasma Nutfah Pangkalan Kerinci terdapat berbagai jenis pembibitan. Salah satunya pembibitan durian.

"Pembibitan ini menjadi salah satu bagian penting. Buah lokal harus jadi juara," kata Syafrizal, disela peninjauannya.

UPTD Balai Benih Hortikultura dan Plasma Nutfah Pangkalan Kerinci, M Taufik mengatakan, di lokasi tersebut terdapat berbagai tanaman lokal khas Pelalawan.

Termasuk durian lokal jenis Madu Sekijang yang bersal dari Kecamayan Bandar Seikijang. Kemudian durian jenis Sintang dan Terantang yang bersal dari DesaTerantang Manuk, Kecamatan Pangkalan Kuras dan durian jenis Kapilasan dari Kecamatan Bunut.

"Ini yang sedang dalam proses pendaftaran untuk memperoleh sertifikat ari Kementrian Pertanian (Kementan)," terang Taufik, kepada GoRiau.com.***