PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Indragiri Hulu - Kuansing, Marwan Yohanis, secara resmi membuka 'Pelatihan Non Institusional' di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kuantan Hilir dan Kecamatan Benai, Rabu (6/10/2021).

Pelatihan ini merupakan hasil Pokok Pikiran (Pokir) yang dia perjuangkan di DPRD Riau, dimana banyak masyarakat mengeluhkan minimnya lapangan pekerjaan. Sehingga, peningkatan kemampuan diharapkan bisa menjadi solusi.

Adapun dalam pelatihan ini ditujukan kepada 48 orang yang terbagi di tiga bidang pelatihan, yakni keterampilan tata boga, keterampilan jaringan internet, dan keterampilan mengelas. Masing-masing bidang diikuti 16 orang.

"Pelatihan tata boga pada umumnya diikuti oleh ibu-ibu muda, diharapkan bisa meningkatkan ekonomi keluarga. Kalau keterampilan mengelas itu dominan diikuti anak muda," ujar Politisi Gerindra ini, Rabu malam (6/10/2021).

Dijelaskannya, pelatihan ini akan berlangsung selama 24 hari kedepan, dan sengaja dilakukan di Kuansing tanpa harus ke Pekanbaru. Tujuannya adalah untuk meminimalisir biaya.

"Biasanya kan di Pekanbaru, tapi itu memakan biaya besar dan pesertanya juga terbatas. Kalau dibuat disini kan bisa tinggal di rumah, jadi kita cuma menanggung snack dan makan siang, dan ada yang saku juga," tuturnya.

Dalam kegiatan yang bersumber dari APBD Provinsi Riau ini, Marwan menyebut, masing-masing peserta juga diberi baju praktek beserta dengan alat-alat yang menunjang keterampilan. Misalnya, ada baju dan kacamata khusus untuk peserta pelatihan las.

GoRiau Penyerahan baju praktek kepada
Penyerahan baju praktek kepada salah seorang peserta.

Hadir dalam acara ini, dihadiri juga oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigras (Disnakertrans) Provinsi Riau yang diwakili oleh Sekretaris dan juga Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kuansing. Kegiatan ini sendiri dianggarkan dalam program kerja Disnakertrans tahun anggaran 2021. ***