JAKARTA – Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto akan mengirimkan Tim Nasional (Timnas) Wushu Indonesia yang diperkuat 9 atlet wushu tampil pada World University Sport Combat Games yang akan berlangsung di Turki, 21-26 September 2022. Rencananya, Tim Merah Putih akan bertolak dari Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Senin, 19 September 2022 malam.

Pelatih Kepala Tim Wushu Indonesia, Novita mengatakan 9 atlet wushu Indonesia terdiri dari 5 atlet Taolu dan 4 atlet sanda. Mereka sudah siap tampil memperkuat Kontingen

Ke-5 atlet Taolu yakni Edgar Xavier Marvelo, Seraf Naro Siregar, Nandira Mauriskha, Alisyah Mellynar, dan Eugina Diva Widodo. Sedangkan 4 atlet Sanda yakni Laksamana Pandu Pratama, Bintang Reindra N Guitara, Tharisa Dea Florentina dan Thania Kusmaningtyas. Pelatih Sanda, Mukhlis menyebut kondisi fisik anak asuhannya cukup prima. Dan, dia merasa yakin mereka bisa memberikan penampilan terbaik. "Kehadiran Liu Zen cukup banyak membawa perubahan. Kondisi atlet pelatnas jauh lebih bahus. Begitu juga soal teknik," katanya.

Sekjen PB WI, Ngatino menambahkan, pengiriman Timnas Wushu Indonesia ke World University Sport Combat Games 2022 itu dalam rangka menambah pengalaman bertanding internasional bagi atlet pelatnas wushu Indonesia.

"World University Sport Combat Games 2022 itu penting sebagai ajang menambah pengalaman bagi atlet pelatnas sebelum tampil di SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2022 Hangzhou yang pelaksanaannya diundur tahun 2023," katanya.

Timnas Wushu Indonesia :
Pelatih Kepala : Novita
Pelatih asing :
1. Zhang Yuening (Taolu)
2. Liu Zhen (Sanda)
Pelatih Sanda :
1, Mukhlis
2. Arif Harsono
Pelatih Taolu :
1. Ginggi Safitri

Atlet Taolu :
1. Edgar Xavier Marvelo (Chang Quan)
2. Seraf Naro Siregar (Dao Shu dan Gun Shu)
3. Nandira Mauriskha (Jian Shu)
4. Alisyah Mellinar (Taiji Quan + Taiji Jian)
5. Eugina Diva Widodo (Chang Quan)

Atlet Sanda :
1. Laksamana Pandu Pratama (52kg putra)
2. Bintang Reindra N Guitara (60kg Putra)
3. Tharisa Dea Florentina (52kg Putri)
4. Thania Kusmaningtyas (60kg Putra)