PEKANBARU - Sebanyak 61 orang peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, tidak hadir mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Alhasil, mereka langsung dinyatakan gugur.

"Sampai hari ini ada sebanyak 61 orang yang tidak hadir mengikuti ujian SKD CPNS di lingkungan Pemprov Riau. Dengan begitu yang bersangkutan gugur secara otomatis CPNS Pemprov Riau," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan di Pekanbaru, Jumat (8/10/2021).

Yang mana pada hari pertama SKD, kata Ikhwan ada 20 orang peserta yang tidak hadir. Lalu, hari kedua 20 orang dan hari ketiga 13 orang yang tidak hadir.

"Sedangkan hari ini pada sesi ke 13 ada delapan orang yang tidak hadir. Kita juga tidak tahu alasan mereka tidak hadir, padahal mereka sudah susah payah mendaftar," ungkapnya.

Sejauh ini, lanjut Ikhwan, pelaksanaan ujian SKD CPNS Pemprov Riau tidak ada kendala. Artinya selama ujian berlangsung tidak ditemukan hal-hal yang mengarah kecurangan.

"Alhamdulillah ujian SKD berjalan lancar. Semua peserta tertib dan pantia tidak menemukan hal-hal yang mencurigakan," tutup mantan Kepala Biro Hukum dan HAM Setdaprov Riau ini.

Untuk diketahui, ujian SKD CPNS Pemprov Riau dilaksanakan selama 15 hari, mulai 5-20 Oktober 2021. Sedangkan untuk teknis pelaksanaan ujian dibagi empat sesi setiap harinya. Masing-masing sesi ada 50 peserta.

Sementara peserta lulus administrasi yang mengikuti ujian SKD CPNS Pemprov Riau terdapat 3.230 orang. Dengan rincian 2.892 CPNS dan PPPK 262 orang. ***