PEKANBARU - Warga Kelurahan Bangko Kanan, Kecamatan Bangko Kabupaten Rohil, Provinsi Riau dibuat kaget dengan penemuan mayat membusuk dan dikerubuni lalat, Selasa (22/8/2017) siang. Jasad tersebut diketahui bernama Savaruddin, berusia 75 tahun.

Tubuh kakek ini ditemukan pertama kali oleh tetangganya Muhammad Husein, yang siang itu berniat hendak membentangkan jaring (Menjemur Jaring, red). Awalnya ia tidak menaruh curiga, sampai akhirnya mendengar suara gerumulan lalat, tak jauh dari posisinya berada.

Husein kemudian berjalan menuju samping rumah untuk mencari sumbernya. Ia pun dikagetkan saat melihat ada telapak kaki manusia di tanah. Tak sampai disitu, ia juga mencium aroma tak sedap menyeruak. Firasatnya langsung tak enak dan segera mengabarkan tetangga lainnya.

Bersama dua orang lainnya, Husein lalu mendatangi tempat tadi guna memastikan. Ternyata itu sesosok mayat manusia. Setelah dicek betul-betul, mereka pun kaget, ternyata itu jasad Savaruddin yang tak lain tetangganya sendiri. Bergegas mereka mengabarkan kepada keluarga almarhum.

Selain itu, warga juga melaporkan kasus penemuan mayat tersebut ke pihak kepolisian setempat. Menurut keterangan yang dikumpulkan aparat Polsek Bangko Pusako, Pak Udin meninggal dunia diduga karena penyakit menahun yang sudah dideritanya selama ini.

Pak Udin diketahui sudah lama menderita stroke dan hipertensi, demikian dibenarkan oleh dokter Puskesmas Bangko Pusako. Selain itu, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada tubuh kakek ini. Mungkin Pak Udin meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya.

Paur Humas Polres Rohil Aiptu Yusran Pangeran Chery, Senin malam mengatakan, saat ditemukan tubuh almarhum Savaruddin dalam keadaan tertelungkup dengan handuk di pundaknya.

Setelah memastikan Pak Udin meninggal dunia bukan karena hal tak wajar, polisi dan warga pun bersama-sama melakukan penyelenggaraan jenazah dan prosesi pemakaman. ***