TELUKKUANTAN - Festival Pacu Jalur (FPJ) tahun 2017 di Tepian Narosa Telukkuantan diikuti 193 buah jalur. Uniknya, piala Menteri Pariwisata Republik Indonesia kali ini tak hanya diperebutkan oleh Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan Indragiri Hulu (Inhu), tapi juga kabupaten lainnya di Riau.

Seperti Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Pelalawan dan yang paling jauh datang dari Kabupaten Siak. Mereka ikut memeriahkan iven nasional di Telukkuantan.

Kabupaten Inhu mengutus 33 jalur untuk berjuang membawa piala Menteri Pariwisata dan Gubernur Riau tersebut. Jalur-jalur dari Inhu cukup punya nama dan ditakuti oleh lawan-lawannya seperti Buaya Kuning dan Tuah Kalojengking Muda Indragiri.

Sementara, untuk Kabupaten Kuansing sendiri yang paling banyak mengutus adalah Kecamatan Kuantan Tengah sebanyak 26 jalur. Disusul oleh Kecamatan Kuantan Tengah sebanyak 19 jalur.

Begitu juga dengan Kecamatan Pangean dan Benai yang sama-sama mengutus 18 buah jalur. Sedangkan Kecamatan Gunung Toar mengutus 15 jalur dan Inuman sebanyak 14 jalur serta Kecamatan Hulu Kuantan sebanyak 12 jalur.

Untuk Kecamatan Kuantan Hilir diwakili oleh 9 jalur, Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Sentajo Raya dan Cerenti sama-sama 8 jalur. Sedangkan Kecamatan Logas Tanah Darat dan kabupaten tetangga masing-masing satu jalur.***