JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani terlihat terus menunjukkan keakrabannya di sejumlah momen dalam beberapa waktu terakhir. Terbaru, momen akrab keduanya tampak saat menghadiri acara Porseni Nahdlatul Ulama (NU) di Solo, Jawa Tengah.

Dilansir GoNews.co dari detikcom, Minggu (22/1/2023), berikut deretan momennya.

Acara Munas HIPMI

Ganjar Pranowo dan Puan Maharani tampak mesra saat menghadiri acara Musyawarah Nasional ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Solo. Puan ternyata disambut langsung Ganjar Pranowo setiba di Jawa Tengah.

Momen menyambut Puan diunggah Ganjar Pranowo di akun Instagram resminya, Senin (21/11) lalu. Ganjar Pranowo menambahkan keterangan lokasi Bandara Adi Soemarmo dalam unggahan menyambut langsung Puan Maharani.

Dalam foto yang diunggah Ganjar, Puan berada di dalam mobil mengenakan masker putih duduk di baris kedua kursi. Sementara itu, Ganjar Pranowo yang mengenakan batik berdiri langsung di depan pintu mobil Puan Maharani. "Selamat datang di Jawa Tengah Mbak @puanmaharaniri," kata Ganjar Pranowo.

Puan Maharani mengungkap hubungan dekatnya dengan Ganjar. Puan mengaku sering bertemu dengan Ganjar, bahkan jalan bersama. "Iya sering ketemu Pak Ganjar, dan salaman jalan berdua, bertiga sama Mas Wali, ya sama-sama kader jadi nggak ada apa-apa biasa aja," kata Puan Maharani seperti dikutip detikJateng, Selasa (22/11/2022).

Puan menampik kemesraan dengan Ganjar itu baru saja terjalin. Puan mengaku dari dulu sudah mesra dengan Ganjar, hanya sana memang jarang bertemu. "Dari dulu juga mesra, jarang ketemu aja," ujarnya.

Sesama kader PDIP, Puan menegaskan dalam tubuh PDIP mengenai capres di 2024 diputuskan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. "Sebagai sesama kader PDIP Perjuangan harusnya kita itu solid dan guyub, toh di PDI Perjuangan memang sudah menjadi satu keputusan bahwa nanti siapa yang akan maju dalam Pilpres 2024 itu diputuskan oleh Ketua Umum," tuturnya.

Ganjar pun ditanya soal momen kebersamaannya dengan Puan itu. Ganjar menyebut dirinya memang baik-baik saja dengan Puan. "Ya nggak papa, biasa saja," kata Ganjar, Jumat (25/11/2022).

Ganjar sependapat dengan Puan yang menyampaikan bahwa keduanya memang mesra-mesra saja. Ganjar juga memastikan tidak pernah ada persoalan dengan Puan. "Seperti yang disampaikan mbak Puan kemarin 'aku nggak papa mesra-mesra sama Mas Ganjar. Hanya jarang ketemu'. Berarti sudah ketahuan saya dengan Mbak Puan nggak ada persoalan," ucapnya.

Acara Nikah Kaesang dan Erina

Kedekatan dengan Puan juga sempat dipamerkan Ganjar saat mengantarnya dan Megawati Soekarnoputri ke bandara di Jateng. Mereka bertemu saat menghadiri acara tasyakuran putra Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Jateng.

Foto Ganjar satu bingkai dengan Megawati dan Puan itu diunggah di akun Instagram pribadinya, Senin (12/12/2022). Ganjar memakai batik warna merah, Megawati baju biru, dan Puan baju warna ungu. "Saya tunggu lagi kedatangannya di Jawa Tengah," tulis Ganjar.

Dalam foto yang diunggah itu, Ganjar tampak memberikan salam menjura kepada Megawati dan Puan. Lokasi foto terlihat seperti di bandara. Merespons itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan keduanya memang akrab.

"Kalau PDIP ini kan memang akrab. Coba lihat sekolah partainya aja semua tidur dalam satu atap yang sama," ucap Hasto kepada media di Gedung Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan Rabu (14/12/2022).

Ia mengklaim kader partainya memiliki jiwa kerakyatan dan kemanusiaan atas dasar ideologi Pancasila. Sehingga, seluruh anggota membangun semangat kekeluargaan.

Acara Porseni NU

Terbaru, Ganjar dan Puan terlihat bersama saat menghadiri acara jalan sehat dalam rangka menuju satu abad NU selama berada di Puro Mangkunegaran, Solo, Jateng. Acara itu dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Iriana Jokowi, dan cucunya, Jan Ethes, serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, Jokowi juga didampingi oleh Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Jokowi bersama Iriana, Jan Ethes, Gus Yahya, dan Puan Maharani tampak melepas barisan peserta jalan sehat. Jokowi juga turut mengikuti jalan sehat ini. "Saya ucapkan selamat menjalankan jalan sehat ini nanti. Saya akan ikut dari awal sampai akhir, Insyaallah," kata Jokowi dalam kesempatan itu seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (22/1/2023).

Momen keakraban Ganjar dan Puan juga diungkapkan oleh putri Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid. Yenny mengaku senang melihat keakraban keduanya dalam kesempatan itu. "Saya senang dong melihat elit politik (Ganjar-Puan) akrab, tentu ini akan menetes ke bawah, ke masyarakat dan suasana menjadi adem," kata Yenny, Minggu (22/1/2023).

Menurut Yenny, kedua tokoh tersebut menjadi sorotan dan berasal dari partai besar di Indonesia. Sehingga, jika elite politiknya terlihat adem dan akrab maka masyarakat akan senang. "PDIP sebagai partai dan basis nasionalis tetap diperlukan untuk mewarnai perpolitikan Indonesia. Kalau elite politiknya akrab, masyarakat akan senang," ucapnya.

Yenny berkelakar, keakraban Ganjar dan Puan membuat yang melihatnya kepanasan. "Terlihat akrab, terlihat kepanasan juga semua orang," ungkapnya.***