SIAK - Sejumlah pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Siak melakukan kunjungan ke Pemerintah Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau dan ke PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) untuk menawarkan program Eazy Paspor. Kunjungan tersebut untuk menyampaikan niat baik dalam meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Camat Tualang, Zalik Efendi menyambut dengan antusias kedatangan rombongan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Siak diantaranya Kasubsi Lalu Lintas Keimigrasian Rian Dharma Putra, bersama Kasubsi Inteligen Keimigrasian Heru Febrianto, Supriadi dan Fajri Ardiansyah selaku Analis Keimigrasian.

GoRiau Pihak Imigrasi Kelas II TPI Si
Pihak Imigrasi Kelas II TPI Siak berkunjung ke PT IKPP Tualang. (Foto: Istimewa)
"Selain akan membuat MoU dengan Pemerintah Kecamatan Tualang untuk pembuatan paspor di Tualang, Kantor Imigrasi juga menawarkan inovasi layanan mereka yang lainnya dalam pengurusan paspor kepada PT Indah Kiat. Dengan tujuan memudahkan karyawan perusahaan dan keluarganya untuk membuat paspor di masa pandemi Covid-19 ini," kata Zalik.

GoRiau Pihak Imigrasi Kelas II TPI Si
Pihak Imigrasi Kelas II TPI Siak berkunjung ke Kantor Pemerintahan Kecamatan Dayun. (Foto: Istimewa)
Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Siak, Yanto mengatakan komitmen kantor Imigrasi dalam meningkatkan pelayanan publik khususnya dalam pembuatan paspor baru ini sesuai dengan arahan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan tujuan reformasi Birokrasi Kemenpanrb.

"Kita lakukan MoU dengan Pemerintah Kecamatan Tualang dalam pelayanan pembuatan paspor baru di Tualang. Kita melakukan pelayanan yg jemput bola dan memudahkan masyarakat," kata Yanto kepada wartawan, Kamis (7/10/2021).

GoRiau Pihak Imigrasi Kelas II TPI Si
Pihak Imigrasi Kelas II TPI Siak berkunjung ke Kantor Pemerintahan Kecamatan Sabak Auh. (Foto: Istimewa)
Inovasi baru bidang pelayanan yaitu pelayanan paspor antar kecamatan (Lasak) ini, kata Yanto, juga sudah disampaikan kepada Pemerintah Kecamatan Sabak Auh, Kecamatan Sungai Apit, Kecamatan Dayun, Kerinci Kanan dan akan menyusul Pemerintah Kecamatan lainnya.

"Inovasi baru Lasak ini akan sangat memudahkan masyarakat dalam pengurusan paspor baru di tingkat kecamatan. Kedepannya masyarakat kita yang mau membuat paspor tidak lagi perlu jauh-jauh ke pusat Kota Siak," kata Kasubsi Lalu Lintas Keimigrasian, Rian menambahkan.

GoRiau Pihak Imigrasi Kelas II TPI Si
Pihak Imigrasi Kelas II TPI Siak berkunjung ke Kantor Pemerintahan Kecamatan Kerinci Kanan. (Foto: Istimewa)
Selanjutnya, pada kunjungan ke PT Indah Kiat Perawang, Kantor Imigrasi Siak menawarkan pelayanan eazy paspor khusus untuk karyawan dan keluarganya.

" Pelayanan eazy paspor ini, pemohon paspor tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi. Cukup ajukan permohonan secara kolektif ke Kantor imigrasi, maka petugas imigrasi akan datang. Pelayanan dengan Tagline 'Kamu disitu aja, Biar kami yang ke sana'," imbuhnya lagi. (Iwa)