PEKANBARU - Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan akan segera mempercepat proses Penggantian Antar Waktu (PAW) empat orang kadernya yang maju Pilkada Serentak di Provinsi Riau.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Riau, T Zulmizan Assegaf mengatakan, pada Pilkada ini ada empat orang anggota DPRD dari fraksi PAN yang maju. Yakni Komprensi di DPRD Riau, Muhammad Khozin di DPRD Kepulauan Meranti, Sujarwo di DPRD Siak, dan Sahril Topan di DPRD Rohul.

Dilanjutkan Zulmizan, DPW sudah menyurati DPD-DPD yang berkenaan agar segera menjalankan proses PAW ini sesuai kewenangannya, karena saat ini semua calon yang berasal dari fraksi PAN sudah ditetapkan sebagai calon.

"Kalau sudah ditetapkan sebagai calon, berarti kader tersebut sudah pasti maju dan tidak bisa mundur lagi, karena kalau mundur ada konsekuensi denda yang berat. Karena sudah pasti, segera kami proses PAW-nya, supaya PAN tidak dirugikan kalau dibiarkan kosong lama," ujar Zulmizan, Kamis (24/9/2020).

Begitu juga dengan kursi Wakil Ketua DPD Rokan Hulu yang ditinggalkan oleh Sahril Topan, PAN memastikan akan segera diproses penggantiannya sesuai ketentuan yang berlaku, baik ketentuan internal maupun eksternal.

"Akan segera kami isi, insya Allah tidak pakai lama, kalau lama dibiarkan kosong, PAN dan konstituen akan dirugikan," tutupnya.

Sebagai informasi, Komperensi akan maju di Pilkada mendampingi Ketua DPC PDIP Kuansing, Halim, dan Muhammad Khozin akan maju di Pilkada Kepulauan Meranti mendampingi Hery Saputra. Sementara Sujarwo dan Sahril Topan maju di Pilkada tanpa restu partai.

Sujarwo maju di Pilkada Siak mendampingi Said Arif Fadillah dengan perahu Golkar, PDIP dan Gerindra. Sahril Topan maju di Pilkada Rokan Hulu mendampingi Hamulian Nasution dengan perahu Golkar dan PPP.***