TEMBILAHAN -Sebanyak 152 peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), dinyatakan gugur. Penyebabnya, mereka tak hadir saat pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) di Gedung Engku Kelana, Tembilahan.

Hingga Rabu (13/10/2021), sudah tiga hari tes SKD digelar. 152 orang itu merupakan total peserta yang absen selama 3 hari pelaksanaan ujian SKD.

Kepala Badan Kepegawaian Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Inhil, Fauzar menuturkan, para peserta yang tidak hadir ini dengan bermacam alasan dan kepentingan. Sangat disayangkan mereka tidak hadir karena sebelumnya sudah lulus tes administrasi.

“Peserta yang tidak hadir ini tidak ada penjadwalan ulang dan otomatis dinyatakan gugur. Karena memang tidak ada toleransi, dari pada halnya terpapar Covid-19 tidak ada,” ungkap Fauzar yang juga Kepala Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Seleksi CASN Kabupaten Inhil 2021.

Lebih lanjut Fauzar menjelaskan, bagi peserta yang hasil tes swabnya dalam 1 x 24 jam positif sebelum mengikuti tes SKD, maka mereka tidak bisa langsung ke lokasi ujian dan wajib mengirimkan foto hasil swab ke Panselda.

Selanjutnya, akan diteruskan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Nasional. “Hasil swab-nya difotokan kepada kami dengan KTP dan kartu ujian,” jelasnya.

“BKN akan membalas dan memberikan jadwal ulang untuk mereka yang positif agar bisa mengikuti ujian setelah dinyatakan negatif,” sambungnya.

Mengenai kendala pelaksanaan sejauh ini, menurut Fauzar hingga 9 sesi pelaksanaan tes SKD ini berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun.

“Kita berharap sampai akhir pelaksanaan berjalan sukses. Mudah- mudahan kita juga termasuk dalam penyelenggaraan terbaik, minimal nominasi sistem CAT,” urainya.

“Kami berharap dukungan lapisan masyarakat dan semua pihak agar seleksi ini terselenggara dengan baik,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tes SKD Seleksi CASN 2021 Kabupaten Inhil akan digelar sebanyak 26 sesi selama 9 hari dengan jumlah peserta sebanyak 124 setiap sesinya.

Ujian SKD digelar mulai dari tanggal 11 - 19 Oktober 2021. Panselda menyediakan 130 laptop dalam tes SKD kali ini, 6 di antaranya merupakan laptop cadangan***