PEKANBARU - Tahun ini, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) mendapat amanat dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk membangun jaringan gas rumah tangga sebanyak 4.300 sambungan di Kota Dumai, Provinsi Riau.

"Untuk jangka panjang dan jangka menegah, PGN secara koorporasi tahun ini di Riau yaitu Dumai telah mendapatkan amanat pemerintah (Kementerian ESDM, red) untuk membangun jaringan gas rumah tangga di Dumai kurang lebih targetnya 4.300 sambungan rumah. Sekarang sedang proses dari sisi pihak ESDM dan PGN," kata Sales Area Head PGN Pekanbaru-Dumai, Arif Nurachman saat berbincang dengan media massa di Pekanbaru, Kamis (16/5/2019).

Sedangkan untuk proses konstruksi pipa jargas Duri-Dumai beberapa tahun lalu, kata Arif, saat ini telah berada ditahap uji coba operasi.

Yang mana, jargas di Dumai tersebut ditargetkan rampung tahun ini supaya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Ads
"Artinya gasnya sudah mengalir dalam fase uji coba. Sekarang sudah dimanfaatkan oleh PGN dan Pertamina," imbuhnya.

Soal pendistribusiannya, jargas di Dumai ini didistribusikan ke sektor industri antara lain kawasan industri Pelindo, Lubuk Gaung, Kawasan Industri Dumai (Pelitung-Red), dan semuanya masih tahap uji coba juga.

"Pada bulan Maret lalu telah uji coba di Lubuk Gaung, Dumai," ujarnya.

Sedangkan untuk rumah tangga, PGN telah membangun 100 sambungan gas rumah tangga untuk Kelurahan Sukajadi dan Bintan Dumai. "Ini juga diharapkan tahun ini bisa finalisasi," tuturnya. ***