TELUKKUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) meminta dukungan finansial ke Pemerintah Provinsi Riau untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau yang akan digelar di Telukkuantan pada 2021 mendatang.

Pemkab Kuansing mengusulkan anggaran sekitar Rp134 miliar ke Provinsi Riau. Anggaran itu diperlukan untuk melengkapi sarana dan prasana Porprov Riau 2021 mendatang.

"Kami sangat berharap, dukungan penuh dari Pemprov Riau, agar Porprov 2021 di Kuansing berjalan dengan lancar dan sukses," ujar Mursini saat audiensi dengan Gubernur Riau Syamsuar, Rabu (26/6/2019) di Kantor Gubernur Riau.

Pada kesempatan ini, Mursini memaparkan kondisi kesiapan Kuansing sebagai tuan rumah. Pada dasarnya, Kuansing sudah memiliki fasilitas yang memadai. Namun, perlu disempurnakan.

Ads
Misalnya, Kuansing sudah ada sport centre dan perlu perbaikan. Beberapa venue memang belum ada, seperti kolam renang dan panjat tebing. Karena itu, Mursini berharap dukungan dari Syamsuar.

Selain Porprov 2021, Mursini juga menyampaikan pengembangan budaya pacu jalur. Melalui tangan dingin Syamsuar, Mursini berharap pacu jalur semakin mendunia.

"Dukungan Pemprov Riau sangat dibutuhkan agar budaya pacu jalur semakin dikenal dunia mancanegara," ujar Mursini.

Menanggapi Porprov Riau, Syamsuar meminta OPD terkait memasukkan anggaran yang diusulkan Pemkab Kuansing pada APBD 2020 mendatang.

"Kami sangat mendukung pelaksanaan Porprov 2021 dan setelah usulan Pemkab Kuansing diverifikasi, maka akan diakomodir sebanyak Rp103 miliar pada APBD Riau 2020," ujar Syamsuar dalam peremuan tersebut.

Karena kebutuhan banyak dan waktu semakin mendesak, Syamsuar memerintahkan OPD terkait untuk mengejar anggaran pusat. Ia berharap, Pemkab Kuansing juga mengejar APBN untuk Porprov 2021.

"Kalau untuk pacu jalur, saya berharap Pemkab Kuansing bisa memikirkan bagaimana iven lokal ini menjadi iven internasional. Sehingga, orang luar betul-betul datang ke Kuansing," ujar Syamsuar.***