BANDUNG - Waktu panjang jeda Kompetisi Sepakbola Liga 1 2020 karena virus corona membuat setiap pemain harus pintar-pintar menjaga kondisi. Bek senior Persib Bandung, Supardi punya cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Persib sendiri memang memiliki program latihan di rumah saja. Agar pemain tidak berleha-leha, video latihan setiap harinya harus terus dikirimkan kepada staf pelatih. Hanya akhir pekan saja, mereka dibebaskan dari latihan walau tidak menutup kemungkinan pemain secara inisiatif menambahnya.

"Kita memang ada program latihan yang diberikan pelatih. Menjaga mood ya saya tidak terlalu memaksakan latihan sempurna tetapi saya melakukan dengan santai dan rileks, tetap serius," ungkap Supardi.

Di tengah wabah corona, kapten Persib itu tidak memaksakan harus berlatih di area terbuka. Itu sesuai arahan tim medis Persib yang menekankan pemainnya tetap berada di rumah.

"Saya tidak bisa memaksakan dalam situasi seperti ini, kompetisi kan belum tahu kapan, tetapi saya mengikuti apa yang diarahkan dari tim pelatih untuk melakukan dan menjaga kebugaran," kata Supardi.

Ia kirimkan doa agar wabah Covid-19 ini segera berakhir hingga Kompetisi Shopee Liga 1 yang dirindukan kembali digelar. Supardi ingin melanjutkan perjuangan dimana saat ini timnya berada di puncak klasemen.

"Doa dan harapan untuk wabah ini semoga harapan saya mudah-mudahan wabah ini cepat hilang dari bumi Indonesia ini khususnya, dan kita sama-sama berdoa semoga Allah SWT  mengabulkannya. Saya berharap kehidupan kembali normal, dan kompetisi kita bergulir kembali," harap Supardi. ***