SIAK SRI INDRAPURA - Bupati Siak, Syamsuar kembali menggelar rapat Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2017. Rapat tersebut merupakan langkah percepatan yang dilakukan pemerintah untuk menjaring aspirasi pembangunan di Kabupaten Siak.

"Forum ini sangat tepat dan strategis untuk mendapatkan berbagai masukan dalam penyempurnaan rencana kerja pembangunan daerah. Dimana, RKPD ini kan sama saja dengan konsep pembangunan ," ucap Syamsuar, Kamis (10/3/2016) di ruang Raja Indra Pahlawan, Kantor Bupati Siak.

Lanjutnya, pembangunan daerah merupakan skala prioritas nasional, sehingga harus pula ditunjang dengan pendanaanya. Sangat penting bagi pemerintah untuk mendorong tingkat partisipasi masyarakat dalam membantu dan mengawasi berjalannya pembangunan. Penyusunan rencana kerja itupun harus berdasarkan sistem nasional, dan kegiatan yang diprakarsai oleh Bappeda demi tahapan kerja Pemerintah Kabupaten Siak tahun 2017.

"Penyusunan RKPD diamanatkan pada peraturan yakni tata cara penyusunan dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah, tujuannya jelas untuk penyempurnaan rencana daerah," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Bappeda Siak, Yan Prana Jaya menyampaikan laporan persiapan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Siak Tahun 2017. Tujuan pelaksanaan forum konsultasi publik dimaksud untuk menjaring aspirasi pemandu kepentingan stakeholders pada tahap awal penyusunan rencana kerja.

"Pemerintah daerah menjadi tujuan penghimpun aspirasi. Melalui forum inilah kita rumuskan bersama demi kemajuan kabupaten Siak ini sendiri," ungkapnya. ***