TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Andi Putra menyoroti kerusakan lingkungan yang terjadi di Kuansing.

"Seiring perkembangan Kuansing, ada pihak-pihak tertentu yang kurang bijak dalam melakukan pembangunan, sehingga berdampak pada lingkungan," ujar Andi saat memimpin rapat paripurna istimewa dengan agenda memperingati hari jadi Kuansing yang ke-16, Senin (12/10/2015) siang.

Akibat dari kerusakan lingkungan itu, lanjut Andi, sudah dirasakan oleh masyarakat secara nyata, seperti kabut asap. "Parahnya lagi, sebagian besar wilayah Kuansing dilanda kekeringan."

"Sebaliknya, jika curah hujan cukup tinggi, wilayah Kuansing sangat mudah terendam banjir," lanjut Andi. Hal ini menandakan kerusakan lingkungan semakin parah.

"Seharusnya, lingkungan memberikan keuntungan untuk masyarakat, bukan menimbulkan bencana," kata Andi.

Dalam memperingati hari jadi Kuansing, Andi mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan.

"Pemeliharaan lingkungan merupakan tanggungjawab kita bersama sebagai makhluk Allah dan sebagai warga negara," pungkas Andi.

Hadir dalam rapat paripurna ini Staf Ahli Gubernur Riau, Joni Irwan yang mewakili Plt Gubernur Riau, para pendiri Kuansing dan calon bupati dan wakil bupati Kuansing serta undangan dari berbagai kabupaten kota di Riau, Sumbar dan Jambi.(***)