BENGKALIS–Sempat menurun, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis kembali meningkat. Jika sebelumnya 89 orang, hari ini bertambah sebanyak 98 orang. Sehingga total menjadi 4.844 orang.

Kadis Kesehatan Kabupaten Bengkalis Ersan Saputra Th, Senin (2/8/2021),  menjelaskan, tambahan 98 kasus baru itu berasal dari 7 kecamatan. “Tertinggi di Mandau 29 orang dan Bukit Batu sebanyak 23 orang,” ujarnya.

Kecamatan lain yang juga terjadi penambahan kasus baru adalah Bengkalis 13 orang, Pinggir 11 orang, Siak Kecil 9 orang, Bantan 7 orang dan Bathin Solapan 6 orang. Menurutnya, 29 orang di Mandau itu berasal dari (kelurahan/desa) Air Jamban 10 orang, Pematang Pudu 5 orang, Talang Mandi 3 orang, Duri Barat 3 orang, Batang Serosa 2 orang, Babussalam 2 orang, Balik Alam 2 orang, serta 2 orang lagi dari Duri Timur dan Gajah Sakti.

Lalu, 23 orang di Bukit Batu dari Pakning Asal 8 orang, Sejangat 6 orang, Sungai Selari 4 orang, Sungai Pakning 3 orang, Pangkalan Jambi 1 orang, dan Dompas 1 orang.

Kemudian, 13 orang di Bengkalis dari Senggoro 5 orang, Kelapapati 2 orang, Damon 2 orang, serta 4 orang lainnya dari Pangkalan Batang Barat, Damai, Pematang Duku Timur, dan Sungai Alam.

Selanjutnya, 11 orang di Pinggir dari Titian Antui 10 orang, dan Tengganau 1 orang.

Untuk 9 orang di Siak Kecil dari Lubuk Muda 4 orang, Langkat 2 orang, serta 3 orang lainnya dari Sungai Siput, Lubuk Garam, dan Tanjung Belit.

Adapun 7 orang di Bantan, dari Selat Baru 2 orang, Bantan Air 2 orang, Sukamaju 1 orang, Pasiran 1 orang, dan Bantan Timur 1 orang.

“Sedangkan 6 orang di Bathin Solapan dari Boncah Mahang 2 orang, Tambusai Batang Dui 2 orang, Balai Makam 1 orang, dan Sebangar 1 orang”, imbuh mantan Direktur RSUD Mandau ini.

Di bagian lain, karena kasus positif Covid-19 masih terus bertambah, dia kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis hendaknya senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” harap Ersan.