DUMAI-‎Angka penambahan kasus positif Covid-19 di Dumai meroket. Dalam ‎sehari bertambah 207 kasus. Angka tersebut menjadi yang tertinggi dalam sejarah penambahan kasus baru Covid-19 di Kota Dumai.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Dumai, akumulasi menembus 8. 604 kasus Covid-19 di Dumai. Juru Bicara Satgas, dr Syaiful mengungkapkan penambahan kasus baru pada Minggu sudah sangat luar biasa, bahkan bisa dikatakan rekor di kota itu.

‎Dari 207 kasus baru positif itu, 12 kasus di antaranya menjalani perawatan di RS dan 195 pasien menjalani isolasi mandiri.

"Dengan meledaknya kasus penambahan ini, kami dari Satgas meminta kepada masyarakat untuk sadar, sadar untuk menerapkan protokol kesehatan, dan selalu mengingatkan jika ada masyarakat yang tak patuh protokol," seperti dikutip dari Pekanbaru.tribunnews.com, Senin (2/8/2021).

Secara akumlasi total kasus Covid-19 yang tercatat di Kota Dumai,hingga Minggu telah menembus angka 8.604 kasus. Terdiri dari 1.212 pasien menjalani isolasi mandiri dan 75 pasien di Rawat di RS, 7149 dinyatakan sembuh dan 168 orang meninggal Dunia.

"Berdasarkan peraturan terbaru, setiap pasien dengan rapid antigen positif atau reaktif, maka termasuk kedalam kategori terkonfirmasi positif Covid-19," ‎jelasnya.

Menurutnya, jika warga dan masyarakat yang melakukan test rapid antigen Covid 19, secara mandiri dan hasilnya positif, segera lakukan isolasi mandiri dan menghubungi petugas puske‎smas terdekat, untuk dilakukan pemantauan dan pengobatan lebih lanjut.

Syaiful menjelaskan ada beberapa hal yang mempengaruhi meningkatnya angka kasus penambahan pasien po‎sitif, salah satunya yakni kendornya protokol kesehatan, salah satunya tak menggunakan masker.

"Pengaruh varian Delta juga menjadi faktor penting meledaknya angka penambahan ini, karena varian delta ini berkembangnya sangat cepat," jelasnya.

Syaiful menjelaskan, upaya Satgas dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang sudah sangat luar biasa ini, dengan melakukan pembatasan pembatasan aktifitas masyarakat, serta melakukan pemetaan sesuai intruksi dari pusat.


Upaya selanjutnya dalam mengatasi penyebaran Covid-19 di kota Dumai, dengan penguatan traking secara maksimal.

"Menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan Protokol kesehatan, jadi kami minta masyarakat sadar, bahwa cara ampuh melawan Covid-19 yakni, dengan meningkatkan kesadaran menerapkan protokol kesehatan," imbuhnya.

Ia mengingatkan, bahwa masih ada penyebaran Covid-19 di kota Dumai, dan angka kematian juga bisa dikatakan tinggi, untuk semua pihak bisa memahami bahwa Dumai, ‎ masih tetap harus waspada terhadap Covid-19.

"Kita berharap Protokol kesehatan tetap di ketatkan, sehingga penyebaran Covid-19, bisa segera di hentikan di kota Dumai," jelasnya

Keberhasilan pemerintah menekan penyebaran Covid-19, serta menghentikan jumlah kematian akibat penyakit Covid-19 ini ada di tangan semua, semua harus bergotong royong dan aktif dalam melaksanakan prokes.***