SELATPANJANG - Suasana haru sangat terasa dalam Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau, usai shalat Zuhur berjamaah, Rabu (15/1/2020) siang.

Penyebabnya adalah berlangsungnya prosesi sakral, yakni pengucapan dua kalimat syahadat oleh empat orang secara bersamaan dalam masjid tersebut.

Keempat orang yang beruntung mendapat hidayah dari Allah SWT tersebut adalah Santoso serta tiga putrinya bernama Roro Arni Wulandari, Mariana dan Alesha Sandra.

Pengucapan dua kalimat syahadat empat orang satu keluarga itu dipandu Ketua Yayasan Fitrah Madani Meranti yang juga Ketua Harian Masjid Agung Darul Ulum Ustaz H Ahmad Fauzi, SAg, disaksikan puluhan jamaah masjid.

Sebelum memandu Santoso dan ketiga putrinya bersyahadat, Ahmad Fauzi memberikan penjelasan tentang kewajiban seorang Muslim dan yang perlu dilakukan seorang mualaf (orang yang baru masuk agama Islam).

''Alhamdulillah, Bapak Santoso bersama tiga putrinya sudah sah memeluk agama Islam. Ini merupakan keinginan mereka sendiri,'' ungkap Ahmad Fauzi, usai memandu keempatnya bersyahadat.

Santoso sebelumnya sudah pernah memeluk agama Islam, ketika menikah. Namun belakangan, Santoso kembali ke agama asalnya, yakni Budha.

''Dia memiliki niat untuk bersungguh-sungguh untuk kembali memeluk agama Islam. Ketiga anaknya baru kali ini mengucapkan dua kalimah syahadat,'' sambung Fauzi.

Santoso yang merupakan warga Kota Selatpanjang itu, mengaku dirinya memutuskan masuk Islam bersama ketiga putrinya atas keinginan sendiri.

''Benar, ini keinginan saya bersama tiga anak saya untuk memeluk agama Islam,'' ungkap Santoso usai bersyahadat.***