TELUKKUANTAN - Berbagai cara dilakukan pemerintahan desa guna menggalang masyarakat untuk ikut vaksinasi Covid-19. Mulai dari edukasi akan pentingnya vaksinasi hingga menyediakan doorprize untuk mereka yang telah divaksin.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Kototaluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Pihak desa menyediakan doorprize berupa minyak goreng kemasan bagi warga yang vaksin di kantor desa pada Kamis (9/12/2021).

Ternyata, cara itu menjadi daya tarik tersendiri. Pantauan GoRiau.com di lapangan, masyarakat berbondong-bondong ikut vaksinasi di kantor desa.

"Alhamdulillah, dapat doorprizenya. Minyak goreng mahal sekarang," ujar seorang warga yang baru saja selesai menjalani vaksin.

Sementara itu, Dian Afriansyah, seorang perangkat Desa Kototaluk menyatakan pihaknya sengaja menyediakan doorprize, agar masyarakat antusias untuk menjalani vaksinasi.

"Ada 60 liter minyak goreng yang kami sediakan. Ini diberikan kepada masyarakat yang beruntung setelah vaksin," ujar Dian.

Vaksinasi kali ini terselenggara atas kerjasama Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Riau dengan Dinas Kesehatan (Diskes) Kuansing. Kapolres Kuansing, AKBP Rendra Oktha Dinata juga ikut memantau pelaksanaan vaksinasi ini.

Menurut Bayu Kurniawan, Kaposda Kabupaten Kuansing BIN Daerah Riau, ada 24 titik pelaksanaan vaksinasi secara serentak pada hari ini. BIN pro aktif dalam mengejar target vaksinasi 70 persen agar tercapai herd immunity.

"Dulu kita juga sudah melaksanakan, ini yang kedua. Sasaran kita, itu masyarakat umum, pelajar dan lansia," ujar Bayu saat ditemui di sela-sela vaksinasi.

Jika vaksinasi tercapai, lanjut Bayu, maka aktivitas masyarakat kembali normal. Jika aktivitas longgar, maka perekonomian masyarakat kembali meningkat. "Dengan vaksinasi, yang diuntungkan adalah masyarakat."

"Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk menjalani vaksinasi. Vaksinasi ini sebagai upaya untuk mengakhiri pandemi," ujar Bayu. BIN Daerah Riau berkomitmen dalam mencapai tatget vaksinasi, bahkan mendatangkan vaksin untuk Riau.***