SIAK SRI INDRAPURA - Kondisi kabut asap yang masih selimuti kota Siak, Riau ini diduga menjadi alasan kuat bagi sejumlah tim yang sudah mendaftar untuk mundur dari Iven balap sepeda Tour de Siak 2019. Selain PGN dan Sapura Team, ST George Continental Cycling Team juga menyatakan mundur pada H - 2.

Kadis Pariwisata Riau, Fauzi Asni menyebutkan, tim dari Australia ini tahun lalu menyapu bersih kategori individual umum secara keseluruhan. Namun apa alasannya menyatakan mundur pada Tour de Siak 2019 ini juga tidak diketahui.

"Secara total tim yang terdaftar itu ada 14 tim. 9 tim dari luar negeri dan 5 tim dari dalam negeri. Namun mendakati hari pelakasanaan, beberapa tim menyatakan mundur. Pertama PGN dari Indonesia, Sapura Team dari Malaysia dan ST George Continental Cycling Team," kata Fauzi Asni kepada GoRiau.com, Selasa (17/9/2019) larut malam usai rapat final Tour de Siak 2019 di Zamrud Room.

Warga yang mengetahui adanya tim balap luar negeri mundur dari pertangan mengaku kecewa. Sebab tidak bisa berfoto dengan pebalap idolanya seperti Aiman Cahyadi yang membela team Sapura asal Malaysia, Mathew Zenovich, Marcus Culey dan Benjamin Dyball dari ST George Continental Cycling Team asal Australia.

"Dari tadi nungguin parade atlet, rupanya tidak ada parade atlet pagi ini kata panitianya. Acara parade dipindahkan ke Gedung Daerah nanti malam, jadi pagi ini tidak bisa berfoto-foto dengan atlet-atlet bule," kata Maryanie kepada GoRiau.com.

Pindahnya lokasi Parade Atlet ini dibenarkan oleh Kadis Pariwisata Siak, Fauzi Asni. "Iya, kalau biasanya parade atlet ini setelah Fun Bike, tapi kali ini kita pindahkan waktu dan lokasinya. Nanti malam saat opening di gedung daerah, warga bisa bertemu dengan para atlet," kata Fauzi.***