PEKANBARU - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy secara diam-diam akan mengunjungi beberapa sekolah yang ada di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Rabu (14/3/2018) siang.

"Saya pakai feeling (perasaan, red) aja nanti, mana yang mau di cek. Kalau dikasih tahu nanti mereka nggak original lagi, nggak asli lagi sudah ditata dan dipersiapkan segala sesuatunya karena tahu ada menteri yang mau datang," kata Muhadjir di VIP Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) Pekanbaru, Riau, Rabu siang.

Ia juga memaparkan, bahwa kunjungan kerjanya kali ini murni untuk melihat kondisi sekolah-sekolah di Riau, khususnya soal persiapan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang berbasis komputer.

"Saya mau tahu langsung kondisi di Riau ini bagaimana. Saya sendiri sebenarnya sudah empat kali ke Riau untuk lihat sekolah. Ternyata kondisinya bisa dibilang bagus dibandingkan daerah lain, baik ditengok dari sisi kesadaran aparaturnya dalam memfasilitasi sekolah di wilayahnya dan faktor lainnya," ungkapnya.

Beberapa contoh sekolah di Riau yang menurutnya bagus diantaranya di Kabupaten Pelalawan dan Siak. Di sana, Muhadjir menilai pemerintah setempatnya cukup peduli dengan pendidikan.

"Walaupun di Pelalawan termasuk kabupaten yang kami beri afirmasi dan KIP 300.000 penerima, mereka kondisinya sekarang jauh lebih baik dari tahun lalu, Di Siak juga bagus, secara keseluruhan di Riau ini bagus," tuturnya.***