PEKANBARU - Bawaslu di sembilan kabupaten/kota di Provinsi Riau membuka lowongan Panwascam, sejak 27 November kemarin hingga 3 Desember 2019 mendatang. Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Sembilan Bawaslu kabupaten/kota itu adalah daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020 mendatang. Diantaranya Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Inhu, Kabupaten Rohul, Kabupaten Rohil, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai.

"Hari pertama buka pendaftaran kemarin, sudah ada 149 orang yang mengajukan lamaran. Pendaftaran masih berlangsung sampai 3 Desember, dan Bawaslu kabupaten/kota nanti masing-masing akan mengumumkan pendaftar yang lulus administrasi pada 12 Desember," jelas Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, Kamis, (28/11/2019).

Sementara itu, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Riau Hasan mengajak seluruh masyarakat Riau untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang. Khususnya bagi masyarakat yang berada di sembilan kabupaten/kota agar melengkapi dan mempersiapkan segel dokumen persyaratan yang ditetapkan Bawaslu RI.

"Mari ikut berpartisipasi menjadi Panwascam dengan mendatangi Kantor Bawaslu di 9 kabupaten/Kota yg melaksanakan Pilkada serentak 2020," pungkasnya.***