PEKANBARU - Perhelatan budaya bertajuk "Ruang Kita Festival II" resmi dibuka, ditandai dengan pemukulan kompang dan pelepasan balon ke udara oleh Gubernur Riau Syamsuar didampingi ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau Datuk Seri Al Azhar dan sejumlah kepala daerah di wilayah setempat, Senin (2/12/2019).

Diadakan di Komplek Bandar Serai Raja Hali Haji, Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru, iven yang bakal digelar sampai tanggal 7 Desember 2019 mendatang.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, perhelatan yang dibuka selama 5 hari itu merupakan salah satu bagian dari upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kunjungan pariwisata di "Bumi Lancang Kuning".

"Harapan saya agar iven yang ada ini bisa menarik kunjungan pariwisata, maka itu harus yang produktif punya daya tarik terhadap pariwisata," kata dia.

"Kalau kita mau memajukan pariwisata, harus ada iven yang menarik untuk orang melihatnya," tambah Syamsuar.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Riau Raja Yose Rizal Zein menambahkan, ada banyak hal baru yang disajikan dalam Ruang Kita Festival tahun ini.

"Ada banyak kegiatan yang diadakan di festival ini, ada pameran seni rupa, ada pameran foto, pameran lukisan. Kemudian, ada penampilan dari komunitas di beberapa panggung ini, yang itu juga merupakan bagian dari ruang kreatif," kata dia.

Untuk diketahui, perhelatan tersebut bakal diisi dengan beragam penampilan kesenian dan pameran seni rupa bernuansa kearifan lokal dari berbagai komunitas yang ada di Riau, di mana acara berlangsung mulai dari pagi hingga malam hari.

Di situ, pengunjung juga dapat menemukan berbagai bermacam stand yang menjual aneka kerajinan tangan dan produk-produk industri kreatif.

Bahkan, ada juga stand yang memamerkan dan menjual bermacam bonsai dari berbagai jenis tanaman. ***