BENGKALIS-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkalis melalui bidang Pendidikan dan Kesejahteraan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik teknik penulisan berita dasar diikuti puluhan mahasiswa dan umum di kantor PWI Bengkalis, Senin (21/12/2020).

Pelatihan jurnalistik diikuti mahasiswa Jurusan Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, mahasiswa UIN Suska Pekanbaru dan dari kalangan umum dengan jumlah dibatasi hanya 20 orang karena masa pandemi covid-19.

Ketua PWI Bengkalis, Alfisnadro menyampaikan bahwa pelatihan jurnalistik yang digelar PWI Bengkalis ini merupakan salah satu bukti bahwa PWI peduli terhadap dunia pendidikan. Alfis sapaan akrab Alfisnadro ini juga menjelaskan tentang keberadaan organisasi PWI Bengkalis.

"Pelatihan dasar penulisan berita ini dinilai sangat penting bagi yang punya hobi menulis berita dan kelak bagi mahsiswa yang berminat menjadi seorang wartawan tentu ilmu ini sangat perlu dipelajari," ujar Ketua PWI.

Ketua juga memperkenalkan organisasi PWI di hadapan mahasiswa dimana organisasi ini merupakan wadah organisasi kewartawanan dan didalamnya terdapat para wartawan dari berbagai media.

"Anggota PWI Kabupaten Bengkalis tersebar di Kecamatan dan anggota kita juga banyak berada di Kecamatan Mandau,"katanya.

Sementara itu Ketua pelaksana kegiatan M.Iqbal dalam laporanya menyampaikan bahwa pelatihan jurnalistik ini merupakan salah satu program kerja PWI Bengkalis tahun 2020,dan lebih fokus kepada mahasiswa jurusan komunikasi.

"Pelatihan ini jumlah pesertanya memang terbatas karena masih masa pendemi covid-19, kita undang peserta dari STAIN Bengkalis selain itu juga hadir dari mahasiswa UIN Suska Pekanbaru," kata Iqbal.

Dikatakannya untuk narasumber dihadirkan wartawan senior Usman Malik yang merupakan mantan Ketua PWI Bengkalis dua priode dan Adi Sutrisno Sekretaris Diskominfotik Bengkalis yang juga mantan wartawan media cetak sebelum diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di Bengkalis.

"Dari dua nara sumber tersebut Usman Malik memberikan materi Teknik Penulisan Berita sedangkan Adi Sutrisno memberikan materi tentang Penyuntingan Berita," katanya.

Dari pantauan antusias mahasiswa ini sangat luar biasa, banyak pertanyaan pertanyaan yang disampaikan kepada nara sumber dan hasil praktek penulisan dinilai narasumber sudah baik.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada dua orang peserta yakni T. Wikel Novryan mahasiswa UIN Suska Pekanbaru dan Oktavia Listia dari STAIN Bengkalis yang diserahkan Ketua PWI Alfisnadro dan nara sumber Adi Sutrisno.***