JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengklaim pihaknya bergerak cepat dalam upaya vaksinasi covid-19. Sebab, saat ini, sudah 1,8 juta warga yang telah dilakukan vaksinasi.

"Sejujurnya kalau kita bicara jujur, di Jakarta ini progres yang paling cepat melaksanakan vaksinasi. Kalau lihat data total vaksin 1,8 (juta) yang sudah divaksin," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (5/4) malam.

Dijelaskan dia, setiap harinya, Pemprov bisa melakukan vaksinasi kepada puluhan ribu warganya, dengan progres tersebty dia yakin bisa mencapai target 3 juga kelompok prioritas pada Bulan April ini.

"Jadi dibagi saja, kalau sehari bisa dilakukan 50-70 ribu, ya kita usahakan dalam dua minggu ke depan mudah mudahan bisa terkejar, kita usahakan secepat mungkin, kita upayakan semaksimal mungkin," ucap dia.

Dalam proses vaksinasi, ia menyebut bahwa pihaknya sempat terkendala karena kedatangan vaksin dari pemerintah pusat yang memerlukan waktu.

"Memang masalah kita kan di awal datangnya vaksin perlu waktu, bertahap, kemudian kedua, kesiapan semua masyarakat dan jajaran memang perlu waktu, namun kalau kita lihat dari segi percepatan, itu cukup baik," ucap dia.

Dalam program vaksinasi, Pemprov DKI dan Kemenkes menyasar vaksinasi terhadap 8,8 juta warga di Jakarta dan 1,2 tenaga kerja dari luar Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut untuk tiga juta orang yang masuk kelompok prioritas, pihaknya menargetkan pemberian vaksin selesai pada Juni.

"Target vaksinasi diharapkan selesai pada Juni 2021. Serta masyarakat lainnya akan divaksinasi mulai Juli 2021," kata Anies. ***