JAKARTA, GORIAU.COM - PT Minamas Gemilang dan Sime Darby Plantation yang memiliki anak perusahaan perkebunan PT Tunggal Mitra Plantation (PT TMP) di Riau, memastikan tidak ada kebakaran lahan di areal operasinya. Perusahaan group ini selalu mengimplementasikan secara ketat kebijakan zero burning di seluruh operasional.

Demikian penegasan yang disampaikan Head, Corporate Communications Minamas Plantation, Inasanti Susanto melalui rilisnya kepada GoRiau.com, Sabtu (22/6/2013).

Dikatakan, laporan yang saat ini beredar mengenai adanya sejumlah titik hot spot di Riau yang merupakan bagian dari wilayah operasional salah satu anak perusahaan Kami - PT Tunggal Mitra Plantation (PT TMP) - merupakan areal konsesi.

Total konsesi lahan yang dimiliki PT TMP adalah 13.836 hektar. Dengan perincian, areal perkebunan yang ditanami seluas 10.825 hektar dan 537 hektar lainnya merupakan areal pembibitan serta lokasi infrastruktur penunjang seperti jembatan, akses jalan, bangunan pendukung dan lain sebagainya. Sementara 2.474 hektar sisanya masih ditempati oleh masyarakat sekitar.

PT TMP, anak perusahaan dari PT Minamas Gemilang dan Sime Darby Plantation, tentunya tidak memiliki kuasa untuk mengontrol secara keseluruhan seluruh aktivitas yang berlangsung di luar areal operasional perusahaan maupun yang saat ini masih ditempati oleh pihak ketiga.

Namun demikian, PT TMP akan terus memantau situasi yang berlangsung dan saat ini bekerja sama dengan pemerintah setempat serta mengerahkan tim pencegah kebakaran yang Kami miliki, untuk memastikan bahwa seluruh ancaman bahaya yang mungkin terjadi dapat Kami antisipasi.

Sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dalam seluruh kegiatan operasionalnya dan sebagai bagian dari lingkungan dimana pun Kami berada, PT Minamas Gemilang dan seluruh anak perusahaan, sangat prihatin atas kasus kabut asap yang saat ini sedang berlangsung.

PT Minamas Gemilang saat ini bekerjasama dan mendukung penuh seluruh langkah yang diambil oleh otoritas lokal dalam upaya penyelidikan dan penuntasan masalah kabut asap ini. Jika kedepannya PT Minamas Gemilang menemukan kejanggalan atau kondisi yang tidak biasa di lapangan, Kami akan segera melaporkan kepada Pemerintah Daerah. (rls)