PEKANBARU - Peduli terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, Prodia berinisiatif untuk memberikan bantuan pemeriksaan kesehatan atau medical check up bagi petugas BPBD Provinsi Riau yang terlibat dalam satuan tugas karhutla. Totalnya pun ada sekitar 116 orang satgas BPBD yang mendapat pemeriksaan hematologi lengkap, glukosa, kolestrol total, spirometry dan pemeriksaan fisik oleh dokter dari Prodia.

"Kami berinisiatif untuk memberikan bantuan pemeriksaan kesehatan kepada para petugas BPBD Riau yang terlibat dalam satgas karhutla karena mereka lebih rentan terkena gangguan kesehatan akibat polusi asap. Sesangkan kesehatan merupakan faktor utama yang diperlukan seseorang untuk melakukan tugasnya dengan baik," kata Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty di Kantor BPBD Riau, Selasa (18/2/2020).

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri kesehatan, kata Dewi, Prodia memang berkomitmen untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat melalui program tanggung jawab sosial yang konsisten dan berkesinambungan. Sehingga Prodia dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan sehingga bisnis Perseroan dapat tumbuh secara berkelanjutan.

Ia juga menjelaskan, bahwa pemeriksaan kesehatan ini telah dilakukan dalam dua tahap, yaitu pada tanggal 23 Agustus 2019 di Kota Pekanbaru dan tanggal 18-19 November 2019 di Dumai-Rupat, Kabupaten Bengkalis.

"Jadi hari ini merupakan closing ceremony dalam penyerahan pemberian bantuan kesehatan dari Prodia kepada BPBD. Kami berharap para satgas karhutla dapat senantiasa menjaga kesehatannya setelah menjalani pemeriksaan kesehatan saat itu," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan sangat berterima kasih dan sangat mengapresiasi atas kepedulian Prodia terhadap tim BPBD Riau ini.

"Bantuan pemeriksaan kesehatan oleh Prodia ini dilakukan secara bertahap kepada petugas kami di kantor dan di lapangan. Dengan adanya medical check up dari Prodia ini juga, kami dapat mengetahui kondisi kesehatan para personil kami, sehingga mereka dapat melakukan upaya tertentu untuk menjaga kesehatannya," kata Edwar.

Di samping itu, pada tahun lalu, Prodia Cabang Pekanbaru juga telah mendistribusikan bantuan bencana asap karhutla berupa masker tabung oksigen dan obat tetes mata kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau. ***