PEKANBARU - Setibanya di Kota Pekanbaru, Riau, kemarin, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), tidak langsung pulang ke Jakarta dan nginap atau bermalam di Bumi Lancang Kuning. Jokowi juga diagendakan meninjau dua lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Pelalawan dan Kampar.

Berdasarkan citra satelit Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), jarak pandang di Kota Pekanbaru 800 meter karena diselimuti kabut asap, Selasa (17/9/2019) pukul 06.00 WIB. Sedangkan, hotspot (titik panas) di Riau sebanyak 60 titik.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakan kepada GoRiau.com, hotspot paling banyak pagi ini di Kabupaten Rokan Hilir sebanyak 27 titik. Selanjutnya di Kabupaten Pelalawan 11 titik, Dumai 8 titik, Indragiri Hulu 6 titik, Indragiri Hilir 4 titik, Bengkalis 2 titik dan Kampar serta Kuantan Singingi masing-masing 1 titik.

"Prakiraan cuaca untuk siang hari ini sampai malam nanti, cerah berawan. Malam nanti, berpotensi jarak pandang menurun diakibatkan oleh kekaburan udara akibat partikel kering seperti asap dan haze. Untuk peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, tidak merata dan bersifat lokal, disebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, dan sebagian Bengkalis," jelasnya.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini, agar masyarakat waspada terhadap penurunan kualitas udara dan jarak pandang, akibat peningkatan polusi udara yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan. ***