PANGKALAN KERINCI - Kasus positif corona di Kabupaten Pelalawan terus mengalami peningkatan. Hingga, Jumat (18/9/2020), sudah tembus 365 pasien terkonfirnasi positif Covid-19.


Peningkatan pasien terkonfirmasi positif dalam dua pekan terakhir, sangat mengkhawatirkan.

Sebagian merupakan pasien Covid-19 tanpa gejala yang harus isolasi. Namun sampai saat ini, Pelalawan belum menyediakan shelter untuk isolasi orang tanpa gejala.

"Pemda semestinya sudah harus menyiapkan tempat isolasi untuk pasien tanpa gejala," kata Wakil Ketua DPRD Pelalawan, H Anton Sugianton, Jumat (18/9/2020).

Hal ini menjadi pertanyaan publik, kemana anggaran yang disiapkan untuk penanganan Covid-19 digunakan, selain dari kegiatan pendisiplinan yang dilakukan Satpol PP, Polri dan TNI setiap hari.

"Bagaimana pula jika terjadi lonjakan pasien yang terpapar, apakah daya tampung rumah sakit mencukupi untuk menampungnya," ujar Anton.

Menurut dia, sekalipun merupakan hasil tracing dan swab mandiri perusahaan namun merupakan masyarakat yang ber KTP Pelalawan. Jika hanya pencari kerja yang berasal dari luar daerah, tentu tidak akan dimasukkan ke data Kabupaten Pelalawan.

"Bersyukur, mereka difasilitasi perusahaan untuk isolasi mandiri di Pekanbaru. Tapi bagaimana jika terjadi pada masyarakat awam kurang mampu, isolasi mandiri tentu akan berpeluang menularkan ke anggota keluarga yang lain," tandas politisi PAN.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Asril, M.Kes mengatakan, sampai saat penanganan pasien Covid-19 tanpa gejala diisolasi secara mandiri.

"Setakat ini, untuk orang tanpa gejala masih diisolasi mandiri. Namun nanti disesuaikan dengan kondisi di lapangan," katanya.

Melihat rendahnya hasil tracing yang dilakukan Diskes sejauh ini, bukan tidak mungkin banyak pasien tanpa gejala yang tidak terdeteksi di tengah masyarakat. Asril menampik tudingan jika pihaknya hanya mengandalkan tracing perusahaan.

"Bukan, misalnya ada yang positif kan kita lakukan tracing, tapi itu kan banyak yang negatif. Tapi kalau orang tanpa gejala, kita masukkan data positif yang memang isolasi mandiri. Untuk tempat isolasi orang tanpa gejala, kita sesuaikan dengan kebutuhan," jelasnya, kepada GoRiau. ***