PEKANBARU - Sebanyak 587 aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru diturunkan untuk mengamankan berlangsungnya perayaan malam pergantia tahun 2017-2018, yang tinggal menyisakan beberapa jam ke depan.

Ratusan personel ini ditempatkan disejumlah titik acara, dan proses pengamanan tersebut berlangsung sampai pagi. Kemudian pada 1 Januari 2018, aparat dari tim kedua melanjutkan pengamanan, dengan sasaran tempat keraiamaian.

Pengamanan secara estafet itu demi menciptakan kondusifitas di tengah-tengah masyarakat Kota Pekanbaru. Itu diungkapkan langsung oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto usai Apel kesiapan pengamanan, Minggu (31/12/2017) pagi.

"Yang kita saja (Polresta Pekanbaru, red) ada sekitar 587 personel untuk pengamanan nanti, ditambah dengan sejumla instansi terkait lainnya yang turut dilibatkan sejumlah 900. Kita juga dibackup oleh Brimob dengan kendaraan sebanyak100 personel," sebut Kapolresta Pekanbaru.

"Selain itu juga ada bantuan pengamanan dari Polda Riau, Satpol PP, Dishub, POM AU, Kodim dan semua yang dilibatkan. Jadi kita bagi-bagi petugas, ada juga yang untuk malam tahun baru serta ready pada tanggal 1 Januari, pengamanan ditempat keramaian," katanya.

Untuk malam nanti, ada sejumlah tempat yang jadi target pengamanan kepolisian di Pekanbaru, diantaranya di Jalan Gajahmada dan Diponegoro. "Di sana kan ada kegiatan dari Pemprov," lanjut Kombes Susanto.

Kemudian di Purna MTQ, seputaran Tugu PON, Stadion KH Nasution (Rumbai, red), Stadion Utama (Panam) serta di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. "Sebab yang paling utama, bagaimana kemacetan bisa terurai," tutur dia.

"Kita juga menyebar anggota untuk mengantisipasi adanya tindak pidana, misalnya pencopetan. Mereka (Personel, red) tersebut akan bekerja hingga pagi," pungkas Kombes Susanto. ***