PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Semakin tingginya angka kecelakaan di jalan negara Lintas Timur, membuat pihak kepolisian merasa prihatin. Untuk itu berbagai upaya dilakukan untuk menekan tingginya angka Laka di jalan raya tersebut. Karena itulah, Satuan Polisi Jalan Lintas Polres Pelalawan, saat ini menggandeng semua pihak sebagai wujud kepedulian terhadap keselamatan masyarakat saat berkendara di jalan raya.

Kapolres Pelalawan AKBP Guntur Aryo Tejo melalui Kasat Lantas Polres Pelalawan, AD Siregar kepada sejumlah media, Rabu (27/2/2013) disela-sela melakukan pemasangan plang Road Safety Patnership Action (RSPA) Di jalan Lintas Timur, tepatnya di kilometer 108 Desa Sorek Dua, Kecamatan Pangkalan Kuras hingga Kilo meter 122 Desa Pesaguan, Kecamatan Pangkalan Lesung.

"Dalam wujud kepedulian menekan angka kecelakaan di jalan raya ini, kita menggandeng semua pihak, yakni, akademisi, tokoh adat, tokoh pemuda, Dinas Perhubungan, serta pihak perusahaan yang juga peduli terhadap keselamatan masyarakat saat di jalan raya," ungkap Kasat AKP AD Siregar, yang saat itu bersama Kanit Lantas Polsek Pangkalan Kuras, Ipda Romi Irwansyah.

Road Safety Patnership Action (RSPA) itu, sambung Kasat Lantas Siregar, adalah suatu wadah untuk upaya pencegahan Keamanan, Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas). Dan di kawasan RSPA ini, imbuhnya, akan dijadikan proyek percontohan dengan bekerjasama dengan pihak perusahaan yang peduli terhadap keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

"Wadah RSPA juga merupakan wujud nyata dari hati nurani setiap insan akademisi ,instansi terkait dan perusahaan yang berada di Provinsi Riau. Program ini baru pertama kali di lakukan di Nusantara,"jelas Kasat Lantas. (ilm)