BANGKINANG - Jajaran Polres Kampar membantu ringankan beban warga yang terdampak banjir di Desa Pulau Rambai, Kecamatan Kampa, Sabtu (14/12/2019).

Bantuan langsung diberikan oleh Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid di lokasi banjir, bersama pejabat utama Polres Kampar dan ketua Bhayangkari Cabang Kampar Angela Kholid beserta sejumlah pengurus Bhayangkari.

Kapolres Kampar dan rombongan didampingi kepala desa Pulau Rambai juga melakukan peninjauan ke rumah-rumah warga yang terkena banjir sambil bersilaturahmi dengan warga yang masih bertahan di rumahnya.

Dalam kunjungan ini Kapolres Kampar dan rombongan terlihat membawa sejumlah bantuan berupa barang-barang kebutuhan pokok, antara lain mie instant, air mineral botol, beras, minyak goreng k dan roti serta beberapa bahan makanan lainnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Kampar menghimbau agar tetap waspada dengan peningkatan ketinggian air. Warga juga diingatkannya untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak agar tidak terseret arus saat bermain di lokasi yang tergenang banjir.

Banjir ini diakibatka tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Kampar dan di sisi hulu sungai Kampar beberapa hari belakangan ini, membuat berdampak pada kenaikan permukaan air di waduk Plta Koto Panjang hingga melampaui batas normalnya.

Dengan kondisi demikian, pihak Plta Koto Panjang terpaksa membuka spillway (pintu pembuangan) secara bertahap, sehingga menyebabkan peningkatan permukaan air sungai Kampar pada daerah hilirnya. ***