BAGANSIAPIAPI - Palang Merah Indonesia (PMI) Rokan Hilir, Riau sudah menerapkan bank data yang mencatat secara lengkap data pendonor yang ada di wilayah tersebut. Dengan bank data pendonor tersebut, sangat memudahkan PMI untuk menghubungi pendonor saat diperlukan.

''Pada bank data tersebut sudah tercatat identitas pendonor baik nama, alamat, nomor kontak hingga data darah. Jadi saat diperlukan warga, PMI tinggal menghubungi pendonor yang sesuai dan bersedia,'' ujar Ketua PMI Rohil Drs H Surya Arfan, MSi, Senin (4/1/2021).

Saat ini, PMI Rohil merupakan andalan warga untuk mendapatkan darah terutama bagi pasien RS Pranoto Bagansiapiapi.

Surya Arfan mengapresiasi pendonor darah yang sudah membantu pasien yang membutuhkan. ''Pendonor telah membantu orang yang membutuhkan, walau setitik, ini sangat berarti untuk yang sakit,'' ujarnya.

Sementara itu, Mazlan, staf PMI Rohil menyebutkan, hampir setiap hari pihaknya melayani masyarakat yang datang untuk mendapatkan darah untuk pasien yang diopname di rumah sakit.

''Begitu ada yang membutuhkan maka kita cocokan golongan darah lewat bank data yang ada, lalu kami hubungi satu per satu. Alhamdulillah cara ini efektif dan efisien,'' tutupnya. ***