PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman mengingatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) seluruh kabupaten/kota di Riau untuk memaksimalkan pencegahan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut).

"Kita dorong seluruh elemen masyarakat, Forkompinda dan perusahaan-perusahaan untuk berperan menekan karlahut dengan aksi pencegahan struktural dan non-struktural," papar Plt Gubri yang kerap disapa Andi Rachman, Rabu (20/1/2016) di Pekanbaru.

Adapun langkah-langkah struktural tersebut menyangkut pembuatan skat kanal yang dinilai dapat memperlambat gambut kering dengan tetap basah sesuai yang diinstruksikan Presiden RI Joko Widodo.

"Langkah struktural itu menyangkut pembuatan skat kanal. Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Riau saja sudah mendorong tertambahnya 140 skat kanal," ungkap Andi Rachman.

Sedangkan, langkah non-struktural yang perlu dilakukan adalah pencegahan dengan sosialisasi. Hal ini perlu dilakukan oleh dinas-dinas dan badan terkait.

"Masyarakat harus diberi pengertian tanggap api. Sehingga kita bisa bersama-sama memaksimalkan pencegahan karlahut," tutupnya. ***