PEKANBARU, GORIAU.COM - Saat meninjau banjir di Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Selasa (25/11/2014), Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri), H Arsyadjuliandi Rachman ikut 'berendam banjir' dengan warga sekitar.

Berdialog dengan korban banjir, Plt Gubri menyampaikan turut prihatin atas musibah tersebut. Sambil mengelilingi beberapa Rukun Warga (RW) di daerah tersebut, Plt Gubri ikut 'berbahasan' dengan warga.

Dalam kunjungannya, Plt Gubri menyebutkan sudah ada solusi untuk menyudahi musibah menahun tersebut. "Kita anggarkan dalam APBD 2015," kata Plt Gubri.

Penganggaran tersebut lebih kepada peningkatan infrastruktur, terutama jalan. Karena saat ini penyebab banjir adalah masih rendahnya jalan yang mengelilili 13 RW di Kelurahan Meranti Pandak.

Selain itu, Pemprov Riau juga akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) untuk mengatasi asal luapan air tersebut. Karena menurut keterangan warga sekitar, pintu air di bendungan tidak berfungsi dengan baik.

"Jadi kita akan koordinasikan dengan pihak BWSS. Karena menurut laporan warga, pintu air tersebut tidak terawat dan tidak terkontrol," sambung mantan Anggota Komisi VII DPR RI ini.

Sambil berdialog, salah seorang warga meminta kepada Pemprov Riau untuk benar-benar memikirkan bagaimana musibah ini tidak terjadi lagi. "Kami hanya minta solusi pak, kalau bantuan setiap tahun kami memang meneriman," kata salah seorang warga.

Dalam tinjauannya, Plt Gubri didampingi Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Kadis Cipta Karya Muhammad, Kepala Biro Humas Setdaprov Riau Yoserizal Zen dan sejumlah pejabat lainnya.

Ada pun lokasi yang ditinjau Plt Gubri yakni RW 2, RW 3 dan RW 12. Sepanjang tinjauan tersebut, Plt Gubri ikut 'berendam' dengan pejabat dan warga sekitar mengelilingi wilayah banjir.***