PEKANBARU – Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun menggandeng unsur Forkopimda Kota Pekanbaru, menggelar gotong royong di sejumlah ruas jalan. Pelaksanaan gotong royong dimulai dengan apel pagi di Baterai A Batalyon Arhanudse 13, Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru, Kamis (8/9/2022) pagi.

Dalam agenda apel tersebut, Muflihun meminta semua hadirin bersama-sama mendukung Kota Pekanbaru bersih sampah dan menjadi kota yang nyaman dan sehat untuk ditinggali.

GoRiau

"Maka itu, perlu kita wujudkan semangat gotong royong. Kita budayakan kembali gotong royong yang sudah mulai memudar, agar menjadi contoh bagi semua elemen masyarakat," ujarnya.

Usai apel pagi, ribuan personel dari gabungan Forkopimda, kepala OPD, camat, lurah, LPM, dan gabungan TNI-Polri segera menyebar dan menyusuri empat titik lokasi Kota Pekanbaru yakni di Jalan HR Soebrantas-Jalan Garuda Sakti, Jalan Riau- Parit Jalan Thamrin, Jalan Ahmad Dahlan-dahlia-Teratai dan Jalan Adi Sucipto.

GoRiau

Kegiatan gotong royong ini diantaranya membersihkan sedimen lumpur dari drainase jalan, memotong rumput, membuka bak kontrol ruko, serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat agar melakukan pembersihan sendiri dan rutin saluran drainase di depan rukonya.

Selain sejumlah ruas jalan, gotong royong juga dilakukan dengan pembersihan di lokasi Pasar Bawah dan Pasar Limapuluh.

GoRiau

"Tujuan gotong royong kita ini juga untuk mendukung upaya antisipasi banjir. Karena salah satu penyebabnya ada tumpukan sampah," ujarnya.

Pemko Pekanbaru juga mengerahkan sejumlah alat berat untuk mendukung kegiatan gotong royong tersebut. Diantaranya 1 unit backhoe loader, 4 unit dump truck, 1 unit mobil damkar dan 2 unit Jack hammer, serta peralatan lain seperti cangkul dan gerobak.

GoRiau

Menurut Muflihun, pihaknya berencana mengagendakan kegiatan ini setiap satu kali dalam sebulan. Ia menjelaskan, pemerintah juga harus turut andil dalam upaya pembersihan Kota Pekanbaru, sehingga masyarakat tidak apatis dan melihat bagaimana pemerintah bekerja.

Ia mengaku memang belum semua titik banjir teratasi apalagi jumlah titik banjir mencapai ratusan.

"Minimal kita angsur hari ini beberapa titik, ke depan kita gelar gotong royong massal bersama unsur TNI dan Polri serta masyarakat tempatan," pungkasnya. (adv)