PEKANBARU – Seorang warga Jalan Suka Karya, Gang Gembira, Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru berinisial TIS (34) ditangkap polisi gara-gara terlalu sering mengisi BBM di sebuah SPBU di Kampar, Riau.

TIS ditangkap saat melintas di Jalan Raya Pekanbaru- Bangkinang, Dusun Kampung Lintang, Kecamatan Tambang, Rabu (7/9/2022) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari. Bersama pelaku turut diamankan 500 liter BBM bersubsidi jenis solar.

Kapolsek Tambang IPTU Mardani Tohenes, SH, MH menjelaskan, penangkapan dilakukan karena polisi mencurigai pelaku yang sering keluar masuk SPBU Desa Sawah Baru Kecamatan Kampa.

''Sekira pukul 23.00 WIB, Kanit Reskrim dan Tim melihat satu unit mobil Mazda double kabin BM 9447 DE sedang melakukan pengisian bahan bakar solar bersubsidi. Tim mengamati dan mencurigai mobil Mazda double kabin BM 9447 DE yang telah berulang kali keluar masuk dari SPBU,'' jelasnya.

Karena curiga, tim melakukan pembuntutan, dan sekira jam 1.30 Wib di Jalan Raya Pekanbaru Bangkinang tepatnya di Dusun Kampung Lintang Desa Tambang Kecanatan Tambang, tim langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku dan saat dilakukan penggeledahan, ditemukan tangki box modifikasi dengan muatan BBM jenis solar bersubsidi berjumlah ± 500 Liter yang ditutup dengan terpal berwarna hitam.

Menurut pengakuan pelaku, cara melakukan penyalahgunaan terhadap BBM jenis Solar bersubsidi tersebut adalah dengan mengisi minyak pada tangki bawaan mobil hingga penuh.

Setelah itu mobil keluar SPBU, selanjutnya pelaku menekan tombol pompa untuk menaikkan minyak ke tangki box modifikasi yg terletak diatas cabin, setelah minyak naik sampai habis.

Pelaku kembali masuk ke SPBU untuk mengisi minyak ke tangki standar bawaan mobil, begitu seterusnya sampai tangki box modifikasi tersebut penuh.

Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo SIK melalui Kapolsek Tambang IPTU Mardani Tohebes SH MH membenarkan penangkapan terhadap pelaku.

"Pelaku dan barang bukti kini sudah diamankan ke Polsek Tambang guna dilakukan proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut," ungkapnya.

Pelaku sudah melanggar Pasal 55 dalam pasal 40 Undang Undang RI nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja atas perubahan Undang Undang RI Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

"Barang bukti yang berhasil diamankan yaitu mobil Mazda double kabin BM 9447 DE warna silver, ± 500 (lima ratus) liter BBM Bersubsidi jenis solar, satu set pompa bertekanan. Semoga ini jadi pelajaran bagi warga yang lainnya. Jangan melakukan tindakan yang merugikan warga lainnya," tutup Kapolsek. ***