BENGKALIS - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkalis mengusulkan anggaran sebesar Rp50 miliar untuk penyelenggaraan Pilkada Bengkalis tahun 2020.

Jumlah anggaran yang diusulkan ini cukup fantastis jika dibandingkan dengan usulan 6 tahun lalu sebesar Rp20 miliar dan terealisasi Rp16 miliar.

KPU Bengkalis juga mengusulkan anggaran pra Pilkada sebesar Rp2 miliar. Menurut Ketua KPU Kabupaten Bengkalis, Fadhillah Al Mausuly, usulan anggaran tersebut sudah disampaikan ke Bappeda pada 14 Juni 2019.

"Usulan yang kita ajukan memang tergolong besar," ungkap Fadhillah kepada sejumlah wartawan, Senin (17/6/2019).

Menurut Fadhilah, KPU punya alasan khusus mengapa nominal anggaran yang diusulkan tersebut tergolong besar dibandingkan dengan usulan dengan 11 kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau.

Selain dari letak geografis dan jumlah pemilih juga ada beberapa terobosan baru yang menjadi alasannya.

Ada tiga subbagian dalam proses penganggaran Pilkada 2020 mendatang. Antara lain logistik, badan adhoc sebagai penunjang penyelenggaraan Pilkada, Relawan Demokrasi, PPK, PPS dan KPPS.

Selanjutnya yang cukup signifikan adalah sosialisasi pemilih dan pendidikan politik.

"Kita lakukan terobosan baru. Di Pilkada sebelumnya tidak ada relawan demokrasi, pada Pilkada 2020 ada relawan demokrasi. Tujuannya agar seluruh tahapan maupun proses informasi penyelenggaraan Pilkada betul-betul sampai ke rumah-rumah masyarakat. Sehingga masyarakat semakin menyadari dan perduli terhadap pentingnya berdemokrasi dan menyalurkan hak politiknya," ungkapnya.

Selanjutnya sambung pria yang akrab disapa Fadil ini, KPU juga mengusulkan anggaran khusus untuk pendidikan politik berkonsolidasi dengan perguruan tinggi, ke sekolah-sekolah sebagai upaya mendistribusi informasi terkait dengan Pilkada.

"Kita harapkan tingkat partisipasi, kepedulian serta kecerdasan pemilih bisa tercapai. Karena kita ingin membangun pola kecerdasan dan itu tanggung jawab KPU selaku penyelenggara Pilkada. Kita juga berharap ada kerja sama Pemkab Bengkalis untuk mendorong dan mengakomodir kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan KPU," tutupnya. ***