SELATPANJANG, GORIAU.COM - Kelompok PIK-R (Pusat Informasi Konselling Remaja) Prosteen dari SMAN 1 dan Okay dari SMAN 2 Tebing, awal April lalu dikunjungi oleh tim penilai lomba PIK-R Tahun 2014 dari BKKBN dan PKBI Provinsi Riau. Kedatangan tim penilai tersebut dalam rangka melakukan penilaian kepada kelompok PIK-R yang ada di kedua sekolah yang nantinya akan bersaing dengan sekolah dari Kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau.


Salah satu tim penilai dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Joko Pujiono menyatakan bahwa Kepulauan Meranti menjadi tempat terakhir dikunjungi setelah tim penilai melakukan penilaian di 11 Kabupaten/ kota lainnya di Provinsi Riau. Dalam melakukan penilaian, tim ingin melihat secara langsung bagaimana siswa yang tergabung dalam kelompok PIK-R mengaplikasikan program genre kepada rekan-rekannya yaitu generasi yang dapat menunda usia perkawinan, berperilaku sehat, terhindar dari risiko seksualitas, HIV/AIDS, dan NAPZA (narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif).
"Jadi semua kelompok PIK-R tidak hanya dinilai tapi juga dibina, jika ada kekurangan maka ditahun berikutnya mereka bisa menutupi kekurangan tersebut," lanjutnya.
Ia menambahkan untuk tahun ini, PIK- R Prosteen SMAN 1 akan mengikuti tahap tegar sementara PIK-R Okay dari SMAN 2 untuk tahap tegak, selain penilaian dalam penyampaian informasi mengenai program PIK, tim penilai juga berkunjung ke ruang PIK untuk melihat bagaimana anggota tersebut berkreativitas.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 2 Tebing Tinggi, Drs Darussamin menyatakan PIK-R telah masuk dalam program kegiatan di SMAN 2 selain OSIS, Pramuka maupun Rohis. Dijelaskan Darussamin, bahwa pihak sekolah sangat mendukung dan mensupport kegiatan keorganisasian yang dilakukan oleh siswa termasuk PIK-R.
Menurutnya selama ini PIK-R Okay SMAN 2 telah berkembang pesat, hal ini terbukti dari keikutsertaan anggota PIK mulai tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan ketua PIK-R Okay pernah mewakili Provinsi Riau.***