JAKARTA - Hasil Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022 ada di artikel ini. Skuad Garuda harus puas dengan hasil imbang 1-1 setelah gol Marc Klok dibalas Sarach Yooyen.

Bermain di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore, Timnas Indonesia mendapat dukungan penuh dari suporter. Selama 20 menit pertama, Indonesia tampil menekan pertahanan Thailand. Peluang emas Timnas Indonesia terjadi di menit ke-24 lewat lemparan jauh Pratama Arhan.

Lemparan itu membuat kemelut di depan gawang Thailand yang disambut sundulan Fachrudin. Sayang, bola masih melebar di atas mistar gawang Kittipong Phodthawchuek. Tiga menit setelahnya, Witan Sulaeman berhasil menembus pertahanan Thailand sambil melepas umpan silang.

Sayang, Egy Maulana Vikri terlambat menyambut umpan sehingga gagal melepas tendangan mematikan ke gawang Thailand. Pada menit ke-38, penjaga gawang Kittipong Phodthawchuek membuat blunder sehingga bola jatuh ke kaki Witan Sulaeman. Sayang, dalam posisi gawang kosong, Witan gagal mencetak gol karena tendangannya melebar beberapa inci dari gawang. Sampai babak pertama berakhir tidak ada gol yang tercipta.

Skor 0-0 menandai kekuatan kedua tim imbang hingga jeda istirahat. Di babak kedua, Timnas Indonesia memecah kebuntuan setelah mendapat hadiah penalti. Garuda mendapat penalti setelah tendangan Asnawi Mangkualam membentur tangan pemain Thailand. Marc Klok yang menjadi eksekutor sukses mengubah skor jadi 1-0. Sayang, keunggulan tidak bertahan lama. Pada menit ke-78, pemain Timnas Thailand, Sarach Yooyen, mencetak gol setelah memperdaya penjaga gawang Nadeo.

Kedudukan kini imbang 1-1. Hingga pertandingan usai, Timnas Indonesia gagal menambah pundi-pundi golnya, begitu pun dengan Thailand. Dengan hasil imbang 1-1, Indonesia dan Thailand sama-sama mengoleksi 7 poin dari tiga laga di Piala AFF 2022.

Posisi juara grup dan runner up Grup A akan ditentukan di matchday terakhir babak penyisihan grup, 2 Januari 2023. Indonesia akan menghadapi Filipina, sedangkan Thailand akan bentrok Kamboja.

Susunan pemain:

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Pratama Arhan; Marc Klok, Rachmat Irianto; Yakob Sayuri, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman; Dendy Sulistyawan.

Timnas Thailand: Kittipong Phodthawchuek; Suphanan Bureerat, Kritsada Kaman, Pansa Hemviboon, Sasalak Haiprakhon; Ekanit Panya, Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Bordin Phala, Channarong Promsrikaew; Teerasil Dangda.***