PEKANBARU - Satu pesawat angkut berat C-17 Globe Master US Air force, mendarat di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau.

Pesawat angkut berat milik Amerika Serikat tersebut tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru pada hari Senin (7/6/2021), sekitar pukul 13.00 WIb, dan kembali sekitar pukul 15.30 WIB, setelah menempuh perjalanan dari Jepang.

Pesawat tersebut parkir dalam beberapa jam di Bandara SSK II Pekanbaru karena ukurannya yang besar, dan tidak memungkinkan untuk parkir di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Kedatangan pesawat tersebut dipersiapkan guna mendukung latihan bersama “Cope West” Tahun 2021 dengan TNI AU, yang rencananya akan dimulai tanggal 14 Juni 2021, di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

“Dalam rangka latihan bersama dengan AU Amerika, pembukaannya tanggal 14 selama 10 hari,” kata Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI Andi Kustoro, melalui Kapentak, Letkol Zukri, kepada GoRiau.Com, Senin sore.

Kemudian Zukri menerangkan, kedatangan pesawat C-17 Globe Master US Air force untuk mendukung Ground Crew atau teknisi serta peralatan pendukung dari Skadron tempur F-16 US Air Force.

Sejak Hari Minggu (6/6/2021), tiba di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, ada sebanyak 38 prajurit Amerika Serikat sudah tiba di Pekanbaru, dan hari ini sebanyak 42 orang menyusul menggunakan pesawat C-17 Globe Master US Air force.

“Latihan bersama kali ini khusus untuk pesawat F-16,” tutupnya.

Sebelumnya kedatangan pesawat AS tersebut sempat diabadikan masyarakat setempat dari kejauhan hingga petugas Avsec, karena bentuknya yang tidak biasa dan terlihat lebih besar dari pesawat biasanya yang mendarat di Pekanbaru. ***